Kirab Satu Negeri Ansor Gugah Persatuan Dan Kesatuan Bangsa

oleh
Kirab Satu Negeri Ansor Gugah Persatuan Dan Kesatuan Bangsa

sorotnusantara.com | Semarang, – Kepala Kesbangpol Kota Semarang, Isdiyanto, mengapresiasi langkah maju Gerakan Pemuda Ansor yang menggebrak gerakan nasionalis Kirab Satu Negeri (KSN). KSN dinilai membantu Pemerintah dalam tugasnya memupuk nasionalisme bangsa Indonesia.

“Sebagai wakil dari Pemerintah Kota tentunya saya berterima kasih atas kegiatan kirab ini,” kata Isdiyanto seusai apel serah terima Pataka di Balaikota Semarang, (20/10/2018), “Adanya kirab ini membantu Pemkot Semarang untuk menggugah kembali rasa persatuan dan kesatuan warga,” imbuhnya. “Perlu dipahami bahwa persatuan dan kesatuan ini tidak bisa muncul secara tiba-tiba dengan sendirinya tanpa ada yang memacu. Ansor telah membantu pemerintah dalam memprakarsai usaha mempererat kembali semangat persatuan ini,” terangnya.

Lebih lanjut dia berharap adanya kegiatan tersebut memunculkan inisiatif dalam kegiatan serupa, “Kedepan saya harap bisa muncul ide-ide semacam ini dari organisasi yang lain. Ini artinya usaha Ansor dalam menumbuhkan persatuan dan nasionalisme berhasil. Sebab lontaran ide mendapatkan tanggapan dari ormas yang lain,” ungkapnya.

Apresiasi diberikan oleh Ketua GP Ansor Kota Semarang, Syaiful Bahri atas lancarnya kegiatan tersebut di Semarang. Diakui usaha para kader Ansor Semarang dalam mensukseskan kegiatan tersebut di sela persiapan hari santri nasional tidaklah mudah.

“Atas nama pribadi maupun organisasi, saya ucapkan terima kasih pada para kader yang ada di Semarang. Kegiatan demi kegiatan telah dijalani dengan serius, persiapan yang sungguh-sungguh sehingga KSN di Semarang ini berjalan dengan lancar. Semuanya persiapan dilaksanakan dengan luar biasa, seolah tanpa kenal lelah dan waktu,” akunya.

Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser), M Noor Faiz menyatakan hal senada. Dia memantau dan mendampingi langsung persiapan Satkoryon Genuk dalam mempersiapkan pasukan pembawa pataka.

“Sengaja kita plot dalam satu rayon agar mudah dikoordinasikan waktu dan hasil latihannya,” ucapnya.

Apresiasi juga diberikan oleh Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Semarang, Drs KH Anashom M.Hum, “Aktifitas Ansor – Banser ini memang luar biasa. Selain itu, adanya KSN ini juga bukti bahwa Ansor – Banser sebagai pemersatu bangsa,” tegasnya.

Ditambahkan, Apel dihadiri oleh jajaran PCNU, GP Ansor Kota Semarang, GP Ansor Jawa tengah dan diikuti oleh berbagai organisasi kepemidaan yang ada di kota Semarang, di antaranya Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Semarang, Sapma PP, FKPPI, PMII dan beberapa Badan Otonom NU. Hal lain yang perlu diketahui Pasukan pembawa pataka Merah Putih Ansor Kota Semarang menerima pataka dari pasukan Ansor Kabupaten Demak di MWC NU Mranggen Demak Jum’at (19/10/2018) malam. Pataka dari zona Rote langsung dibawa konvoi dan berziarah ke makam Ulama Nusantara, KH Shaleh Darat di kompleks pemakaman umum Bergota Semarang. (arh)