Ketua Umum PSSI Berharap Izin Kepolisian Segera Keluar Untuk Melanjutkan Kompetisi Liga Indonesia Musim 2020, Sambut World Cup U-20 Tahun 2021

oleh
Ketua Umum PSSI Berharap Izin Kepolisian Segera Keluar Untuk Melanjutkan Kompetisi Liga Indonesia Musim 2020, Sambut World Cup U-20 Tahun 2021
Ketua Umum PSSI Komjen Pol (Purn) Mochamad Iriawan saat menyampaikan keterangannya kepada awak media di Bandung, Jumat (6/11/2020).

BANDUNG, sorotnusantara.com,- Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, meski mengakui kesempatannya sangat kecil, namun masih berharap Liga 1 dan Liga 2 musim kompetisi 2020 bisa dilanjutkan kembali pada bulan Desember 2020.

“Surat sudah kami layangkan kembali, tentunya sulit bagi kami jika izin keramaian tidak dikeluarkan, tolong tanyakan pada pihak kepolisian. Tadinya November 2020, tapi tidak bisa, dan kita pending ke Januari 2021, karena Desember 2020 kan Pilkada serentak. Tentunya fokus kepolisian juga pengamanan Pilkada,” terang Mochamad Iriawan atau akrab disapa Iwan Bule yang berharap maksimal Februari 2021 kompetisi musim 2020 dilanjutkan, Jumat (6/11/2020).

“Jadi, kalau desember kemungkinannya kecil, tapi kami masih berharap itu ya. Kalau diizinkan atau tidak, kami tidak bisa jawab, yang bisa jawab pihak kepolisian,” ulangnya.

Harapan dari Ketua Umum PSSI ini bukan tidak ada alasan, kompetisi Liga Indonesia Musim 2020 yang terhenti cukup lama akibat pandemi Covid-19, membuat jadwal dan format kompetisi menjadi tidak menentu. Satu hal lainnya adalah persiapan bagi bangsa Indonesia sebagai penyelenggara dan tuan rumah momen bersejarah World Cup atau Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

“Kesiapan World Cup U-20 tahun 2021, kami masih on the track, ada 6 venue yang sekarang sudah mulai pembangunannya. Kita tetap masih mempersiapkannya secara maksimal, baik penyelenggaraan yang menjadi tanggung jawab pemerintah melalui Kemenpora, kemudian pembangunannya sendiri adalah Kementerian PUPR,” urai Mochamad Iriawan.

Enam stadion yang rencananya akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 2021 ini adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

“Saya bersyukur bisa dibagi tugas, bertanggungjawab kepada timnas. Prestasi tim nasional kita yang alhamdulillah dari kacamata kita, mereka makin meningkat performanya,” ungkapnya.

Salasatu parameter yang menjadi penilaian bagi Mochamad Iriawan adalah hasil uji coba timnas di Eropa.

“Kita bisa lihat kemarin, beberapa kali di Kroasia mengalahkan tim-tim tangguh. Mereka dipersiapkan secara terus menerus oleh pelatih kita dan seluruh official yang ada. Dari mulai mental, fisik, stamina, strategi, taktik dan lain sebagainya. Kelihatan performa yang makin meningkat,” bebernya.

“Lihat kemarin begitu keras mereka berjuang, begitu keras mereka untuk membukukan kemenangan dengan gol-gol yang ada. Ya, alhamdulillah, pelan-pelan kita lakukan itu,” tambahnya.

Target timnas di Piala Dunia U-20 tahun 2021? dijawab oleh Mochamad Iriawan, “Targetnya, minimal kita lolos ke 16 besar kemudian masuk 8 besar, syukur-syukur bisa melangkah lebih jauh,” harap Mochamad Iriawan.

Namun demikian, diungkapkan lagi oleh Ketua Umum PSSI ini bahwa squad yang ada sekarang, bisa kemungkinan berubah.

“Pemain itu ada keluar ada masuk. Jadi belum baku, tetapi sudah terlihat yang akan maju dalam piala dunia nanti. Maka itu pentingnya kompetisi, nanti dalam kompetisi ada pemain yang lebih bagus ya diambil lagi, kemudian ditukar dan lain sebagainya. Sehingga sekali lagi, kenapa federasi PSSI meminta kompetisi bisa bergulir, salasatunya untuk itu. Masih ada (pemain) keluar masuk nantinya,” ungkapnya.

“Federasi PSSI berdiri tahun 1930, sekarang sudah 90 tahun, baru kali ini kita ketempatan untuk menjadi penyelenggara tuan rumah piala dunia, itu suatu kebanggaan luar biasa untuk kita, oleh sebab itu mari kita dukung penyelenggaraan world cup ini oleh seluruh komponen masyarakat, mendukung agar penyelenggaraan ini bisa berjalan dengan lancar, sukses dan tentu prestasi timnas bisa terbuktikan nanti,” tandas Kapolda Jabar periode tahun 2013 dan Kapolda Metro Jaya periode tahun 2016 ini.

[st]