,

Kepedulian Gusdurian dan Ansor Kabupaten Mempawah

oleh
Gudurian dan Ansor Mempawah berfoto bersama salah satu penerima bantuan.

SorotNusantara.com , Kab. Mempawah – Kepedulian Gugus Tugas Gerakan (GP) Pemuda Ansor Penangan Covid-19 dan Jaringan Gusdurian Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat terhadap masyarakat bawah terdampal Covid-19 ditunjukkan dengan kerjasama bakti sosial. Mereka membagikan paket Sembako ditambah gel pencuci tangan praktis, cairan disinfektan, sabun mandi dan masker, belum lama ini

Ketua Gugus Tugas GP Ansor Kabupaten Mempawah Yusuf menyebut langkah pemerintah pusat dan pemerintah daerah dengan imbauan bekerja dari rumah, beribadah di rumah, tinggal di rumah dan jarak aman interaksi individu lebih tepat daripada lockdown.

“Langkah itu patut kita apresiasi, tapi kita juga perlu memahami ada banyak masyarakat kecil dan pekerja sektor informal yang tetap harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata Yusuf saat dikonfirmasi jaringan media Sorot Nusantara, Jumat (17/4/2020).

Dengan begitu, risiko penyebaran Covid-19 dapat ditekan. Akan tetapi dampaknya pada melemahnya perkonomian juga harus diatasi bersama.

“Bantuan tahap pertama berupa paket bantuan bagi warga Desa Antibar dan Desa Pasir Palembang, Kecamatan Mempawah Timur,” kata Yusuf.

Lebih lanjut ia menilai programnya tepat sasaran dan berharap pemberian paket bantuan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19 yang tidak terdaftar di berbagai program bantuan pemerintah.

“Kami berharap bantuan ini bisa meringankan beban keluarga terutama warga yang pekerja harian, karena mereka secara langsung terkena dampak dari menyebarnya wabah virus Corona ini,” ujarnya.

Salah seorang relawan Gusdurian Kabupaten Mempawah, Miftahul Akhyar menegaskan, pendataan dan verifikasi calon penerima bantuan dilakukan secara faktual dan kredible karena langsung survei ke tempat tinggal calon penerima.

“Warga senang dan bahagia menerima bantuan dari Gusdurian dan Gugus Tugas GP Ansor karena sangat membantu meringankan beban keluarga mereka. Saya yakin dengan bersama-sama kita bisa melewati wabah Covid-19 ini,” tandasnya.

Pria bernama Mali salah satu warga Desa Antibar yang menerima manfaat bantuan berterima kasih dan bersyukur atas perhatian Ansor dan Gusdurian Mempawah. Mali yang Kesehariannya bekerja sebagai pengembala kambing milik tetangganya merasa sangat terbantu.

“Terima kasih, bantuan dari Ansor dan Gusdurian ini sangat membantu, mudah-mudahan ini dicatat sebagai amal baik dan mendapat pahala yang setimpal,” tuturnya. (yad/arh)