Kapolda Jateng Ingatkan Idul Adha Sebagai Momen Memupuk Cinta Tanah Air

by
Kapolda Jateng saat meyerahkan hewan kurban kepada Ketua DPP MAJT

SorotNusantara.com , Semarang – Hari Raya Idul Adha pada tiap tahun selalu diperingati oleh umat Islam seluruh dunia dengan menyembelih hewan kurban sebagaimana yang ditentukan oleh syariat Islam. Ada banyak hikmah yang perlu diambil dari hal tersebut, di antaranya memupuk rasa cinta pada tanah air.

“Banyak hikmah yang bisa kita ambil dari perayaan Idul Adha, diantaranya: keteladanan Nabi Ibrahim AS, Nabi Ismail dan Siti Hajar atas kepatuhan tanpa batas kepada Allah. Di situ ada pesan kedisiplinan, kerelaaan (keikhlasan) dan keberanian, ” tutur Kapolda Jateng, Irjen Pol Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si seusai menjadi Khotib Idul Adha di Masjid Agung Jawa Tengah Jalan Gajah Kota Semarang, Minggu (11/8/2019).

Kapolda Jateng, Irjen Pol Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si saat menyerahkan hewan kurban kepada Ketua DPP MAJT Prof Dr KH Noor Achmad MA

Pelajaran lain dari kurban, lanjut Rycko, kita diminta untuk saling berbagi-pemerataan yang menyentuh segala lapisan warga negara. Menurutnya, hal itu juga selaras dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, yakni sila kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Rykco menerangkan, nilai atau makna filosofis Pancasila yang telah dirumuskan para founding father NKRI, ajarannya sesuai kemurnian ajaran islam dan kemurnian budaya bangsa Indonesia yang sangat relevan untuk menjadi acuan umat beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Dengan semangat Idul kurban ini, mari kita senantiasa cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia, jaga keutuhan NKRI, jaga pancasila, bhineka tugggal ika dan UUD 1945,” tegasnya.

Dalam perayaan Idul Adha 1440 Hijriah ini, Kapolda Jawa Tengah juga menyerahkan seekor sapi untuk dikurbankan di masjid kebanggaan warga Jateng tersebut.

Ketua Dewan Pelaksana Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah (DPP MAJT) Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA melaporkan, dalam gelaran Idul Adha di MAJT tahun ini terdapat 12 ekor kambing dan 8 sapi yang akan disembelih hari ini.

“Hari ini langsung kita sembelih, daging kita bungkusi dan kita serahkan kepada warga sekitar yang membutuhkan (kurang mampu). Daging juga kita distribusikan kepada Panti Asuhan, dan Pesantren di wilayah Semarang berdasarkan surat permohonan,” terangnya. (arh)