Kampanye Konten Moderasi Beragama UIN Walisongo Pecahkan Rekor Muri

oleh
Kampanye konten moderasi beragama UIN Walisongo pecahkan Rekor Muri

SOROTNUSANTARA.COM , Semarang – Di era digital ini kampanye konten moderasi beragama harus terus digalakkan lewat sosial media (Sosmed). Kampanye konten moderasi beragama yang digelar Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang berhasil memecahkan Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI).

“Ungguhan video-video pesan keagamaan memang sudah menjadi keseharian kita, tradisi kita. Namun kita perlu mengkampanyekan dan menggalakkan” ucap Rektor UIN Walisongo Semarang Prof. Dr. Imam Taufiq usai acara penganugerahan Rekor Muri untuk ungguhan video Moderasi Beragama oleh mahasiswa terbanyak dalam peringatan Hari Santri 2020 UIN Walisongo di Ruang Promosi Doktor Gedung Kopertais Lantai 3 Kampus 1 UIN Walisongo, Senin (26/10/2020).

Imam menjelaskan, dari awal berdirinya Kampus UIN Walisongo, civitas akademika UIN Walisongo sudah mendeklarasikan diri menjadi kampus yang ramah, santun serta kampus yang menebarkan luaskan kesantunan dan kedamaian, ini terbukti dengan pilihan nama Walisongo.

Walisongo kata dia, merupakan  sosok yang sangat sukses berdakwah di masyarakat tanpa meninggalkan kekerasaan dan kebencian namun diterima dengan mudah oleh semua lapisan masyarakat.

Oleh karena itu, semua lapisan masayarakat dimanapun dan kapanpun berada bisa berpartipasi nenebarkan gagasan santun dan ramah sebagaimana yang telah diajarkan oleh Walisongo.

“Saatnya kita mengajak, saatnya kita menyapa dan menularkan komitmen ini kepada orang luar sebanyak-banyaknya. Karena dengan menebarkan konten kesantunan dan kedamaian ini, Indonesia akan terbangun suasana yang lebih ramah. Dari pada konten diisi berita hoax, kebencian, disampaikan orang yang tidak qualified dan materi-materi yang tidak bertanggungjawab jawab justru akan membahayakan,” tandasnya

Sementara itu, Sri Widayati Senior Manager MURI menuturkan, hari ini pihaknya kembali hadir di UIN Walisongo untuk mencatatkan prestasi spektakuler yaitu uggahan video moderasi beragama oleh mahasiswa terbanyak dengan jumlah 5.712 video, yang mana kegiatan ini sekaligus menumbangkan rekor sebelumnya yang ditorehkan oleh Universitas Islam Malang (UNISMA) pada 2 Oktober 2020 lalu yang mengunggah sebanyak 3.833 video. “Prestasi ini (Ungguhan video moderasi beragama oleh mahasiswa terbanyak dalam rangka HSN 2020, red) resmi kami catat di rekor MURI yang ke 9.686 dianugerahkan kepada UIN Walisongo Semarang. Prestasi ini diharapkan bisa menjadi spirit dan motivasi anak bangsa untuk terus menebarkan moderasi agama ke khalayak luas,” pungkasnya. ().