,

Juan Rama Dorong Pelaku IKM Kuasai Digital Marketing

oleh
Juan Rama saat menjadi narasumber pelatihan (sorotnusantara.com/dok)

SOROTNUSANTARA.COM , Semarang – Anggota Komisi B DPRD Kota Semarang H Juan Rama mendorong pelaku industri kecil menengah (IKM) menguasai pemasaran produk melalui jaringan internet atau yang populer disebut digital marketing.

Menurutnya, hal itu sesuai dengan identitas Semarang sebagai kota perdagangan dan jasa yang berbudaya menuju masyarakat yang sejahtera.

Rama lantas menyebut data Kemkominfo yang menunjukkan pertumbuhan e-commerce dan belanja online pada tahun 2020 meningkat sampai dengan 78%. Penyebabnya, peradaban digital sudah semakin nyata, dan adanya kebiasaan baru akibat wabah Covid-19 membuat orang tidak belanja secara bertemu langsung.

“Industri kecil menengah harus menguasai digital marketing. Peluang semakin terbuka. Tren belanja online semakin meningkat,” pesannya.

Hal itu ia katakan ketika menjadi narasumber dalam Pelatihan Pengolahan Olahan Minuman yang diadakan oleh Dinas Perindustrian Kota Semarang bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Semarang di Kelurahan Wonosari Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Senin, (15/2/2021).

Rama yang menjadi bendahara Fraksi PKB DPRD Kota Semarang ini menambahkan, setiap pelaku IKM harus terus meningkatkan kemampuan penguasaan internet. Karena itu harus rajin mengikuti pelatihan bertema digital marketing.

“Pelatihan produksi semacam ini sudah bagus dan harus terus dilakukan. Nantinya perlu ditingkatkan pelatihan digital marketing. Karena banyak IKM mampu memproduksi tetapi kurang berhasil menjual,” tegas wakil rakyat yang pengalaman jadi pengusaha ini.

Dalam pelatihan selama tiga hari, Senin-Rabu, (15-17/2/2021) ini, peserta dibimbing oleh pelatih profesional dari Dinas Perindustrian Kota Semarang dan BPOM Semarang. Meliputi pelatihan mengolah bahan baku, mengemas (packing), dan membuat variasi produk sesuai standar kesehatan.

Rama juga berpesan agar semua IKM memperhatikan soal perijinan. Agar produk semakin diterima masyarakat.

“Bapak-bapak dan ibu-ibu harus mengurus perijinan nggih. Ini penting. Agar produk semakin diterima masyarakat. Ini kunci sukses panjenengan,” pesan angota dewan dari daerah pemilihan Ngaliyan, Tugu, Mijen, ini.

Tak lupa dia memberi saran kepada Dinas Perindustrian agar memperbanyak program pelatihan dan fasilitasi perijinan. Serta memberi hadiah untuk stimulus pengembangan IKM. Agar semakin semangat mengembangkan diri dan produksinya. (rif)