Jaga Kerukunan, Semot Bikers Siap Dakwah Bersama Ansor Gajah Mungkur

oleh
PAC GP Ansor Gajah Mungkur berfoto bersama komunitas Semot Bikers seusai kegiatan. (dok)

SOROTNUSANTARA.COM , Semarang – Kerukunan masyarakat harus terus dijaga. Menjaga keutuhan negara melalui dakwah yang santun dan elastis inilah yang tengah disuarakan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Gajah Mungkur bersama komunitas Semut Bikers.

“Sesuai tagline ajakan. Ora usah sungkan, ora usah pakewuh, ora usah minder, ora usah jaim. Aku kowe ayo seduluran. Mengajak ayo kumpul bareng-bareng menjaga keutuhan NKRI,” kata Ketua GP Ansor Gajah Mungkur M. Ali Maksum kala bersilaturahmi di markas besar Semot Bikers, Kalilangse, Kecamatan Gajah Mungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (5/9/2020) malam.

Gus Maksum, sapaannya, mengajak para pemuda Nahdlatul Ulama untuk memperluas jaringan di kalangan pemuda, termasuk para pemuda yang gemar touring dengan motor, “Tujuannya untuk bersama-sama menjaga keutuhan NKRI dan menciptakan suasana lingkungan yang kondusif, gayeng, dan harmonis di tengah masyarakat,” ujarnya

Meski kegiatan silaturahmi tersebut digelar secara sederhana namun menumbuhkan keakraban dan kesadaran bersama tentang pentingnya persatuan bangsa. ‘Ngobrol Opo Wae Seng Penting Happy‘ atau NGOPI sebagai tema silaturahmi tersebut dilandasi semangat kebersamaan dalam menjaga kerukunan antarpemuda dan masyarakat di wilayah Kota Semarang.

Dalam kesempatan itu, Ansor juga mengajak Semot Bikers untuk bersama-sama menjadikan touring sebagai sarana berdakwah, “Semua yang kita lakukan sejatinya bisa menjadi ajang untuk berdakwah. Inti dari berdakwah adalah mengajak kepada jalan Allah dengan hikmah dan teladan yang baik,” tuturnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Semot Bikers, Sanjaya mengungkapkan kegiatan touring yang selama ini dilakukan komunitasnya untuk mengajarkan kepada para anggota dan masyarakat pada umumnya tentang cara mencintai alam, menikmati keindahan NKRI dipadu dengan nilai-nilai religiusitas.

“Kita touring tidak hanya sekedar touring, namun lebih kepada bagaimana menyambungkan antara keindahan alam ini dengan Sang Pencipta keindahan,” terangnya.

Sanjaya melanjutkan, karena itu touring komunitas Semut Biker juga menyasar pada pembinaan rohani dengan target objek wisata religi, “Disamping itu kita juga mengadakan touring religi dengan berziarah bersama ke makam para wali,” bebernya.

Dengan adanya kesamaan itu, ia berharap ada kesepakatan bersama untuk diagendakan touring religi bersama antara Semot Bikers dengan GP Ansor Gajah Mungkur. Menyusuri jalanan sembari mengampanyekan dakwah bil hikmah menjaga kondusifitas lingkungan masyarakat.

“Jangan sampai terpecah belah. Pemuda harus jadi garda terdepan keutuhan NKRI. NKRI Harga Mati,” pungkasnya. (arh)