Ihtiar Tangkal Corona, Kader NU Jatibarang Bagikan Wedang Jahe Rempah

by

SorotNusantara.com , Brebes – Indonesia ini kaya akan kekayaan alam dan budaya. Kekhasan Indonesia juga terletak pada makanan, minuman, dan ramuan tradisional. Minuman tadisional dari berbagai daerah yang khas dipercaya menghasilkan antibodi atau menghasilkan sistem imun yang baik bagi tubuh.

Lazim menjadi perbincangan khalayak, pertahanan tubuh atau sistem imun tubuh diyakini dapat melindungi diri dari Corona. Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Jatibarang, Muhamad Ircham Arifudin mengajak beberapa organisasi badan otonom Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes untuk berpartisipasi dalam mencegah corona virus disease (Covid-19).

Menggunakan nama Keluarga Besar NU Kecamatan Jatibarang puluhan kader Ansor-Banser, Fatayat, IPNU dan IPPNU membagikan wedang jahe rempah kepada masyarakat dan pengguna jalan di Perempatan lampu merah Jatibarang, Minggu (22/3/2020) sore.

“Kami saat ini hanya bisa membagikan sebanyak 1.300 bungkus wedang jahe rempah, habis dibagikan dalam waktu tidak lebih dari 15 menit,” kata Ircham.

Dibantu aparat kepolisian sektor (Polsek) Jatibarang, puluhan kader muda NU tersebut juga melakukan sosialisasi tentang corona, “Kami membagi wedang jahe rempah kepada masyarakat setempat dan pengguna jalan yang berhenti di lampu merah, sekaligus memberikan sosialisasi tentang bahaya corona dan cara pencegahannya,” akunya.

Dijelaskan, wedang jahe yang dibagikan dibuat dengan 10 jenis rempah-rempah yang terdiri atas Jahe, Kayu Manis, Sereh, daun Kemangi, Temulawak, Kunyit, Ketumbar, Kamijara Wulung, Gula Jawa atau Gula Aren, dan gula pasir, “Juga saat pembuatan dan membungkusnya dengan membaca sholawat thibbil qulub,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, kegiatan tersebut dilakukam sebagai wujud kepedulian kader NU Kecamatan Jatibarang. Karena itu minum Jahe rempah disebutnya sebagai ikhtiar dalam menangkal penyebaran Covid-19, “Kami ingin meyakinkan masyarakat untuk tetap waspada, mematuhi semua instruksi pemerintah dan ahli medis, dengan cara menjaga kebersihan dan kesehatan, serta yang paling utama adalah jangan panik,” tegasnya berpesan.

Ketua Tanfidziyah Majlis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Jatibarang Kiai Afifulloh memberikan apresiasi tindakan tersebut, “Yang kami laksanakan sore ini adalah kegiatan yang positif, kami bangga anak-anak muda NU antar Badan Otonom (GP Ansor, Fatayat, IPNU dan IPPNU) bisa saling bersinergi membantu pemerintah,” tuturnya.

Afif yang turut mendampingi kegiatan tersebut berharap agar pandemik yang menjadi perhatian dunia tersebut segera berakhir, “Harapan kita bersama semoga wabah corona ini dapat segera berlalu dan masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti biasanya,” kata Afif sembari membagikan jahe rempah kepada pengguna jalan yang melintas.

Salah satu pengguna jalan, Shaliha (46 th) memberikan apresiasi aksi Keluarga Besar NU Kecamatan Jatibarang yang peduli terhadap masyarakat, “kegiatan ini sangat baik, saya selaku masyarakat awam semakin tahu bahaya corona dan cara-cara pencegahannya dari mas Ansor yang tadi memberikan kami bungkusan wedang jahe saat berhenti di lampu merah itu,” ringkasnya. (Zack/arh)