,

Hidup Terlantar Meski Keluarganya Hidup Mapan

by
FU saat dievakuasi Tim Medis Ambulan Hebat dan TPD Kota Semarang. (ft.doc)

SOROTNUSANTARA.COM , SEMARANG – Seorang pria terlantar dilaporkan dalam kondisi sakit di Balai Pertemuan Kranggan Dalam. Beberapa orang TPD; Budhi Santoso, Erna Rahayu dan Kunti Septijarini Inasanti atau Ina menindaklanjuti laporan tersebut. Mereka segera meninjau langsung ke lokasi kejadian. Sampai di lokasi, kata Ina, kami meminta informasi tentang kelayan tersebut dari pemilik warung yang dekat dengan balai.

Laki-laki yang tidur dan dalam keadaan sakit tersebut berinisial FU dan sudah sepekan lebih berada di tempat tersebut. Demikian keterangan yang mereka dapat dari pemilik warung tersebut. “Dan kami juga dapat info bahwa saudara sepupunya tinggal di RT 2 RW I,” ungkapnya.

Setelah mendapatakan informasi tersebut, TPD segera menuju ke rumah saudara sepupu yang dimaksud. “Ternyata bapak tersebut punya empat orang saudara yang semuanya hidup mapan,” ujarnya, “Ketiga saudaranya berprofesi sebagai polisi, dua orang di Semarang dan satu orang bertugas di Kalimantan,” paparnya.

Sementara, lanjutnya, saudara perempuannya bekerja di Jasa Raharja. Dikatakannya, menurut pengakuan saudaranya tersebut sudah mengurus dan membiayai ketika sakit.

“Pernah dibawa ke Wonosobo, ke rumah adiknya, tapi dia melarikan diri dengan mencongkel jendela dan kembali ke daerah Kranggan Dalam,” terangnya.

Tak hanya itu, FU pernah ke kantor polisi dengan membawa karung dan minta-mita. Meski oleh anggota polisi yang berjaga sempat diusir tapi ia justeru menjawab sedang mencari adiknya. Akibat ulahnya yang memalukan tersebut, para saudaranya jadi enggan mengurusi.

Sementara Budhi mengungkapkan, saat ini kendala yang dihadapinya berupa administrasi dan komunikasi. “Pak FU tidak mempunyai identitas apapun, baik itu KTP maupun KK, sementara saudara-saudarnya yang notabene hidup mapan masih belum bisa dihubungi untuk berkomunikasi permasalahan Pak FU,” jelasnya.

Dikatakannya, saat ini FU telah mendapatkan perawatan dari Ambulan Hebat dan menjalani rawat inap di RSUP dr. Karyadi. (arh)