,

Harus Bangkit dari Resesi, Tugas Kadin Indonesia Tumbuhkan Optimisme di Tengah Pandemi

oleh
Wakil Ketua MPR Arsul Sani hadir secara virtual dalam Munas Kadin Indonesia (arh)

SOROTNUSANTARA.COM , Jakarta – Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani mengingatkan tugas berat Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dalam meningkatkan perekonomian nasional dengan menumbuhkan sikap optimis di kalangan pelaku usaha.

“Tugas berat Kadin Indonesia sebagai wadah bagi para pelaku usaha untuk membangun optimisme untuk bangkit dari resesi,” kata Arsul dalam pembukaan Musyawarah Nasional (MUNAS) Kadin Indonesia secara virtual, Senin (14/12/2020).

Jumlah penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 6000 perhari. Menurutnya, pandemi tak hanya menghantam persoalan kesehatan tapi juga perekonomian nasional.

Jika diamati, lanjutnya, pelaku UMKM menjadi yang sangat merasakan dampak perekonomian di masa pandemi. Padahal, pertumbuhan ekonomi nasional berada di sektor UMKM. “Pelaku usaha di Indonesia 96 persen di sektor UMKM,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan peran Kadin Indonesia dalam mendampingi pelaku usaha kecil untuk tetap kuat bersaing di era digital. “Sektor UMKM membutuhkan bantuan, baik modal maupun teknik, dan yang sangat mendesak adalah kemampuan literasi teknologi,” ungkapnya.

Terkait hajat pemilihan ketua organisasi dalam Munas Kadin Indonesia, Arsul mengingatkan Munas berfungsi untuk mereview langkah dan kebijakan yang telah dilakukan. Ia pun beharap Munas menghasilkan keputusan yang penting dan bermanfaat, tidak hanya untuk organisasi tapi juga untuk perkembangan ekonomi nasional. Selain itu, Munas menjadi acuan dalam menyusun langkah ke depan dengan program kerja yang lebih nyata bagi masyarakat.

“Kami berharap Kadin Indonesia membuka akses untuk menjaring aspirasi yang berkembang di kalangan pengusaha, terutama anggota Kadin,” tuturnya. (arh)