Gubernur Jateng Beri Penghargaan Donor Darah Sukarela 50 dan 75 Kali

oleh
Gubernur Jateng Ganjar Peanowo saat memberikan penghargaan kepada pendonor sukarela PMI di Gubernuran. (ist)

SOROTNUSANTARA.COM , Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan penghargaan kepada 1.175 orang Donor Darah Sukarela yang telah melakukan donor sebanyak 50 kali dan 75 kali di Gradhika Bakti Praja, komplek kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang, Senin (26/10/2020).

Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan penerimaan simbolis tersebut secara perwakilan dan disiarkan secara langsung melalui media sosial yang diikuti 35 PMI kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

“Inilah cara kita memberikan penghargaan kepada para pendonor darah yang telah memberikan darahnya secara sukarela, ikhlas, tanpa syarat saat menyumbangkan darahnya. Sehingga ini merupakan nilai spiritualitas yang sangat tinggi,” ungkap Ganjar.

Ketua PMI Jateng Imam Triyanto mengatakan peringatan kali ini merupakan momentum untuk menjunjung solidaritas dan semangat yang telah ditunjukkan para relawan. “Alhamdulillah di Jateng, 99% kebutuhan darah dapat dicukupi dari DDS, dan 1% dari donor darah Pengganti,” kata Imam.

Gubernur Jateng saat diwawancarai awak media. (ist)

Totalitas dalam menjalankan tugas kemanusiaan, patut kita apresiasi dan diberikan penghargaan, sejalan dengan tema Solidaritas untuk Kemanusiaan dalam peringatan HUT PMI 75 tahun.

Donor Darah Sukarela (DDS) merupakan relawan yang menyumbangkan darahnya secara ikhlas tanpa pamrih apapun, bagi yang membutuhkan transfusi darah dengan tidak mengenal siapa yang disumbang darahnya. Prinsipnya menolong sesama, tanpa melihat latar belakang yang ditolong.

“DDS ke 50 kali sebanyak 921 orang dan ke 75 kali 254 orang dari 36 UDD PMI Provinsi/Kabupaten/Kota di Jawa Tengah melalui perwakilan karena situasi pandemi covid-19 ini,” jelas Imam saat melaporkan kepada Gubernur.

Kehadiran Ganjar membuat salut Imam. Meski Gubernur memiliki acara yang padat, tetap katanya, namun masih memprioritaskan acara kemanusiaan tersebut.

Heri, 42 tahun, salah seorang DDS mengungkapkan rasa bahagianya mendapat penghargaan ini. “Alhamdulillah, ini bentuk apresiasi PMI untuk kami pendonor darah. Kami berharap dan mengajak kepada generasi milenial agar berperan aktif dalam donor darah sukarela, karena banyak manfaat baik diri sendiri dan sesama,” ujar Heri yang telah melakukan donor 102 kali, setelah menerima penghargaan. (arh)