,

Gerak Sinergi, Ikhtiar Putus Penyebaran Covid-19 di Pos Penjagaan Teweh Selatan

oleh
Suasana Pos Penjagaan Penanggulangan Covid-19 di Desa Trahean Kecamatan Teweh Selatan Barito Utara

SorotNusantara.com , Barito Utara – Pemerintah Kabupaten Barito Utara memperketat pengawasan keluar masuk orang di daerahnya. Yaitu dengan membuat pos penjagaan tanggap darurat Covid-19, salah satunya terletak di Desa Trahean Kecamatan Teweh Selatan Barito Utara (Barut).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Barut, TNI, Polri, Puskesmas, Aparat Desa, dan bahkan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Teweh Selatan ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.

Hal itu dilakukan lantaran Barito Utara termasuk salah satu zona merah yang ada di Kalimantan Tengah. Tercatat saat ini jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 11 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 5 orang, dan yang sudah dinyatakan Positif 3 orang. Selain itu, terdapat sekitar 1000 orang yang masuk ke wilayah Desa Trahean dan tidak ada yang didapati terindikasi positif Corona atau Covid 19.

Kades Desa Trahean Marno, menyampaikan apresiasi pada relawan Ansor dan para warga yang ikut berpartisipasi di pos penjagaan, “Terimakasih kepada warga, mari kita sama-sama berpartisipasi mencegah penyebaran virus corona di desa kita,” kata Marno pada Sorot Nusantara, Senin (20/4/2020).

Marno juga menyebut biaya kegiatan pencegahan Covid-19 memanfaatkan Dana Desa (DD), termasuk untuk pengadaan alat pendeteksi dan lain sebagainya. Walaupun APBDes sekarang ini masih dalam tahap penyusunan.

“Meski menggunakan dana talangan karena Dana Desa belum turun, saya minta teman-teman gugus tugas desa segera melakukan penyemprotan, seperti jalan, pasar dan rumah-rumah warga sudah sering kita lakukan” tegasnya.

Marno juga berpesan agar masyarakat mematuhi imbauan pemerintah, dan bagi para relawan tetap mengikuti prosedur yang berlaku, ”Untuk masyarakat agar benar-benar mematuhi apa yang sudah diimbau dari Pemerintah Daerah. Bagi tim gugus desa agar melaksanakan instruksi-instruksi yang ada,” tandasya.

Suasana Pos Penjagaan Penanggulangan Covid-19 di Desa Trahean Kecamatan Teweh Selatan Barito Utara

Sementara Ketua PAC Teweh Selatan H. Beny Siswanto menerangkan di pos penjagaan ini dilakukan penyemprotan disinfektan bagi pengendara dan kendaraannya dan pemeriksaan suhu tubuh, “Ini sebagai wujud nyata peran serta Ansor dan Banser di Barito Utara sehingga wabah Covid-19 ini bisa dikendalikan dan segera hilang,” kata Beny di sela aktifitasnya.

Beny berharap, masyarakat bisa mematuhi imbauan dan protokol kesehatan. Selain itu ia juga berharap kerjasama yang terjalin bisa dilanjutkan dalam kesempatan yang berbeda, “Kami harap kerjasama tidak hanya dalam penanganan Covid-19 saja, tapi berlanjut pada momen yang lain. Kita harus tetap bersatu sesuai semboyan bernegara kita, Bhineka Tunggal Ika,” harapnya. (ans,arh)