Gandeng Banser, PCNU Melawi Bantu Korban Banjir Dengan Perahu

oleh
Salah seorang pengurus PCNU Melawi bersama personil Banser memberikan bantuan makanan kepada korban banjir dari atas perahu (dok/ist)

SOROTNUSANTARA.COM , Melawi – Selama beberapa hari ini air masih merendam sepuluh kecamatan di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat  Yakni; Kecamatan Pinoh Selatan, Kecamatan Sayan, Kecamatan Sokan, Kecamatan Nanga Pingo, Kecamatan Pinoh Utara, Kecamatan Tanah Pinoh Barat, Kecamatan Tanah Pinoh, Kecamatan Menukung, Kecamatan Ella Hilir, dan Kecamatan Belimbing Hulu.

Disamping merendam hampir 90% wilayah Kabupaten Melawi, banjir kali ini juga memutus akses jalan poros Melawi-Sintang, bahkan merendam jalan protokol kota Nanga Pinoh dengan ketinggian air rata-rata 2 meter. Karena itu, banjir kedua di tahun ini disebut banjir terparah yang terjadi dalam 12 tahun terakhir.

Di tengah kondisi yang demikian, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Melawi segera bergerak membantu masyarakat Melawi yang terdampak banjir dengan mendistribusikan bantuan berupa makanan.

Nampak Ansor-Banser menggunakan perahu tambang membantu PCNU Melawi mendistribusikan bantuan makanan kepada warga di Dusun Pangkoh Desa Baru Kecamatan Nanga Pinoh. Mereka memberikan langsung dari rumah ke rumah kepada warga yang masih bertahan di rumah masing-masing, Kamis, (17/9/2020).

“Banjir besar kali ini membuat banyak warga yang tidak sempat menyelamatkan harta bendanya termasuk peralatan memasak,” kata Sekretaris PCNU Melawi Shofiyullah yang kediamannya juga terendam air

Menurutnya, masyarakat saat ini membutuhkan makanan, pakaian ganti, selimut dan shelter sementara untuk menjaga kondisi tubuh mereka.

PCNU bersama Banser Melawi membagikan bantuan pangan kepada korban banjir. (dok/ist)

Lebih lanjut ia mengungkapkan, proses distribusi yang dilakukan oleh Ansor-Banser memakan waktu cukup lama karena terdapat beberapa daerah yang sulit dijangkau meski menggunakan perahu. Hal ini juga tak lepas dari air yang hampir merata membanjiri Melawi.

“Banjir kali ini cukup besar dari tahun-tahun sebelumnya, bahkan lebih besar dari banjir terbesar tahun 2008 lalu,” ujarnya.

Sementara, Sekretaris Ansor Melawi Arie Pratomo usai mendistribusikan bantuan mengungkapkan, Banser Melawi baru dua kali ini terjun di bencana banjir Melawi. Sebab, para personil yang membantu juga menjadi korban banjir.

“Pertama mengevakuasi dan membuat tenda sementara buat santri Pondok Pesantren Nahdlatul Wathan Wathan Melawi di KKLK Desa Tanjung Sari Kecamatan Nanga Pinoh dan yang kedua hari ini, yakni kami diajak PCNU Melawi untuk mengantarkan makanan siap saji ke rumah-rumah warga yang menjadi korban banjir,” jelas Arie Pratomo.

Arie Pratomo berharap masyarakat tetap bersabar menghadapi musibah tersebut sembari berdoa semoga banjir segera surut dan warga bisa kembali beraktivitas sebagaimana biasa. (*)