,

FKUB Jateng, Jembatan Kecil Persaudaraan Antaragama

by
Ketua FKUB Jawa Tengah KH Taslim Sahlan saat memberikan sambutan dalam Jalsah (pengajian) Jemaat Ahmadiyah di kompleks markas Jemaat Ahmadiyah Indonesia (arh)

SorotNusantara.com , Bogor – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah mengadakan kunjungan ke markas pusat Jemaat Ahmadiyah Indonesia, Kampus Mubarak, Desa Pondok Udik, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kunjungan difokuskan untuk membingkai kerukunan antaragama dan persaudaraan antarputra bangsa.

“Kami, FKUB Jateng akan terus menjadi jembatan kecil dalam membina kerukunan dan persaudaraan nasional,” kata Ketua FKUB Jateng, KH Taslim Sahlan dalam sambutannya disela kegiatan Jalsah (pengajian), Jumat (17/1/2020) sore.

Sebagai informasi, FKUB sebagai sebuah organisasi pemerintah berfungsi sebagai media untuk merawat kerukunan antarumat beragama dan juga aliran penghayat yang ada di Indonesia. Dalam jalsah yang ada dalam tayangan televisi Ahmadiyah maupun youtube menunjukkan konten positif, “Kami tidak menemukan (Jalsah Ahmadiyah) satu narasipun yang meresahkan,” tegasnya.

FKUB Jateng juga memperhatikan peran sosial Jemaat Ahmadiyah bagi bangsa Indonesia dalam laporan lisan tentang kegiatan sosial dan kemanusiaan yang dilakukan oleh Jemaat Ahmadiyah, “Ini tidak bertentangan dengan mandat dari Peraturan Bersama Kementrian Agama dan Kementrian Dalam Negeri,” tandasnya.

Mewakili umat Kristiani Jawa Tengah, Pdt Bambang mengatakan tema natal PGI jelas, ‘Hiduplah Menjadi Sahabat Bagi Semua Orang’. Karenanya ia menyatakan kedatangannya sebagai seorang sahabat, “Sehingga kami datang ke tempat ini sebagai sahabat bagi jemaat Ahmadiyah,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menegaskan uluran persahabatan tersebut bukan isapan jempol belaka. Dirinya menyatakan siap bersahabat dan saling membantu untuk kepentingan umat, “Perbedaan itu suatu kemestian, tetapi persahabatan itu sebuah niatan yang harus diwujudkan,” tegasnya. (arh)