, ,

FKAUB Himbau Jangan Politisasi Tempat Ibadah

by -112 views
Ilustrasi foto. (doc)

SOROTNUSANTARA.COM , KAB. SEMARANG – Tempat ibadah semestinya digunakan sebagai sarana untuk beribadah pada Tuhan Yang Maha Esa. Demikian Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKAUB) Kabupaten Semarang mengingatkan dalam siaran persnya, Selasa (9/4/2019). Lain dari itu, tempat suci tersebut tidak digunakan untuk lokasi penyebaran pesan kebencian, provokasi, ataupun paham radikal.

“Serta masjid dan tempat ibadah tidak digunakan untuk kampanye politik. Para kiai, pastur, pendeta sepakat untuk tidak menggunakan tempat ibadah sebagai kampanye dan mobilisasi politik. Agar tempat ibadah dapat digunakan tempat suci untuk ibadah dengan khusyuk,” ungkap Ketua FKAUB Kabupaten Semarang, Sinwani di Ungaran.

Terlebih sesuai aturan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum menyatakan tempat ibadah dan tempat pendidikan dilarang digunakan untuk berkampanye. Jika dilanggar, pengurus masjid akan diperingatkan dan kampanye akan dihentikan.

“Agar tidak digunakan untuk kampanye atau kegiatan politik untuk menjaga kerukunan dan tidak mengganggu ibadah jamaah. Tidak menutup kemungkinaan masing-masing jamaah memiliki pilihan berbeda, sehingga masih terjaga kerukunan,” lanjutnya.

Sebagaimana diketahui beberapa waktu lalu para tokoh agama dan tokoh masyarakat bersama KPU dan Bawaslu Kabupaten Semarang sepakat untuk tidak menggunakan tempat ibadah sebagai tempat kampanye.

Tak hanya itu, Sinwani pun berharap pada politisi untuk tidak menggunakan. tempat ibadah sebagai tempat berpolitik. “Harapan kami di kerukunan umat antar beragama dan seagama di Kabupeten Semarang terus terjalin dengan baik,” katanya. (arh)