,

Era Milenial, PCNU Kendal Siapkan PAUD Percontohan Nasional

by

KENDAL – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kendal tengah melakukan pembangunan gedung NU Centre Kabupaten Kendal di Kawasan NU Centre, Jalan Tentara Pelajar Kebondalem Kendal, Minggu (15/09/2019) pagi.

Pembangunan NU Centre dimulai dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) oleh Ketua Lembaga Pendidikan Maarif NU Kabupaten Kendal H Ibnu Dharmawan, Ketua PCNU Kabupaten Kendal KH Mohamad Danial Royyan. Hadir pula dalam kesempatan tersebut KH Arifin Junaidi yang mewakili PBNU dan KH Makmun Amin, salah satu sesepuh NU Kabupaten Kendal.

Ibnu Darmawan dalam laporannya menyampaikan, PAUD yang akan dibangun merupakan salah satu dari 13 PAUD percontohan tingkat nasional. “Untuk mempersiapkan generasi milenial, PAUD akan diintegrasikan sebagai lembaga pendidikan ilmu, kesehatan, tumbuh kembang anak, gizi anak, psikologi anak, ahlussunnah wal jamaah, dan keterampilan,” katanya.

Para kiai dan tokoh NU saat doa bersama dalam peletakan batu pertama pembangunan PAUD PCNU Kabupaten Kendal. (doc)

Dia melanjutkan, karena lokasi PAUD yang berdekatan dengan RSNU Kendal, maka akan menjadi kolaborasi yang tepat sebagai pembelajaran langsung. Sebab, di RSNU akan ada dokter gigi, dokter anak, ahli gizi, dan psikolog. “Karena di sini tempatnya sangat strategis, nantinya akan dikembangkan juga menjadi tempat penitipan anak dan menjadi lembaga pendidikan anak lainnya seperti TK,” terangnya.

Menurutnya, pembangunan PAUD ditargetkan selesai dalam 3 bulan, tepatnya pada 15 Desember 2019 mendatang, sehingga tahun pelajaran 2020/2021 sudah dapat menerima anak didik. Untuk diketahui, sumber pembiayaan gedung PAUD berasal dari APBN sebesar 1 miliar 128 juta rupiah. Jumlah tersebut sudah termasuk mebelair ditambah sharing masyarakat 100 juta rupiah.

Sementara, KH Mohamad Danial Royyan menegaskan, tanah yang dijadikan area gedung PAUD tidak bermasalah. Diungkapkannya, belum lama ini pihaknya telah melakukan pembelian tanah lagi di sebelah tanah yang direncanakan akan dibangun RSNU seharga 2,8 milar.

“Di Kawasan NU Centre ini direncanakan akan dibangun PAUD Percontohan, RSNU, kantor untuk RMI, LP Maarif, Pergunu, dan Lazisnu,” kata Danial.

Membantah desas-desus status tanah yang akan dibangun RSNU, pada kesempatan tersebut surat kuasa dari Pejabat Rais Aam PBNU, KH Miftachul Akhyar dan Ketua Umum PBNU Prof Dr KH Said Aqil Siroj atas nama Perkumpulan Nahdlatul Ulama yang dibacakan oleh KH Arifin Junaidi selaku anggota pleno PBNU dan diserahkan pada Ketua PCNU Kabupaten Kendal untuk disertifikatkan atas nama Perkumpulan Nahdlatul Ulama.

Selanjutnya tanah tersebut menjadi aset dan hak milik Perkumpulan Nahdlatul Ulama. Sedangkan pengelolaannya dilimpahkan kepada penerima kuasa. “Pada tanggal 14 agustus lalu telah dilakukan pelunasan tanah untuk RSNU. Jadi tidak benar jika ada kabar tanah tersebut diatasnamakan perseorangan. Yang benar tanah tersebut bukan atas nama PBNU atau PCNU tapi Perkumpulan Nahdlatul Ulama,” pungkasnya. (arh).