Dukungan TSR Diharap Kuatkan Peran Strategis PMI

oleh
Kepala Markas PMI Kota Semarang Endang Puji Astuti saat memberikan potongan tumpeng kepada Ketua TSR PMI Kota Semarang, Wiwid Rijanto. [doc]

SorotNusantara.com , Semarang – Palang Merah Indonesia (PMI) memiliki relawan sebagai ujung tombak dalam melayani masyarakat, salah satunya organisasi relawan Tenaga Sukarela (TSR) PMI yang pada umumnya merupakan anggota kawakan Korp Sukarela (KSR) PMI. Untuk itu, dukungan TSR diharap dapat menguatkan peran strategis PMI di masyarakat.

Hal itu dikatakan Kepala Markas PMI Kota Semarang saat meresmikan sekretariat baru TSR PMI Kota Semarang yang terletak di bagian belakang Gedung Markas PMI Kota Semarang, Jl. Mgr. Sugiyopranoto No. 35 Semarang, Jawa Tengah, Jum’at (26/6/2020).

Menurut Endang, dukungan administratif bagi relawan akan memaksimal peran dalam fungsinya secara kelembagaan, “Semoga dengan adanya sekretariat baru ini dapat memberikan dukungan teknis dan administratif dalam pelaksanaan tugas dan fungsi TSR sehingga dapat memaksimalkan peran dan fungsinya,” kata Endang.

Dalam kesempatan tersebut, Endang mengakui para relawan memiliki peran strategis bagi PMI dalam menjalankan programnya. Sebab, peran relawan PMI di tengah masyarakat sangat dibutuhkan untuk memberikan mendukung misi kemanusiaan yang terkandung dalam prinsip dasar palang merah.

“Sangat luar biasa sekali dukungan TSR kepada PMI, di saat bencana maupun dalam keadaan aman. Semoga dapat terus bersinergi dan berperan aktif dalam memperkuat pengembangan manajemen organisasi dan pelayanan kepalangmerahan sesuai keahlian yang dimiliki,” harapnya.

Kepala Markas PMI Kota Semarang Endang Puji Astuti saat memberikan potongan tumpeng kepada Ketua TSR PMI Kota Semarang, Wiwid Rijanto. [doc]
Menyambut apresiasi tersebut, Koordinator TSR Wiwid Rijanto mengungkapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan Pengurus PMI Kota Semarang terhadap TSR. Wiwid menyatakan adanya sebuah ruang sekretariat baru dapat meningkatkan fungsi dan keberadaan TSR lebih maksimal dalam mengabdi untuk kemanusiaan.

“Semoga dengan adanya kantor sekretariat ini bisa menjadi pusat informasi, komunikasi dan mempermudah tempat koordinasi bagi pengurus serta anggota TSR,” tegasnya.

Relawan yang berprofesi sebagai pengacara tersebut melanjutkan, TSR sebagai sebuah organisasi relawan mengakomodir komunitas dengan ragam keahlian atau profesi. Disebutkan beberapa diantaranya dari kalangan pendidik seperti guru dan dosen, tenaga kesehatan seperti dokter, bidan dan psikolog, bahkan yang profesi sebagai pengacara seperti dirinya.

Oleh karenanya, ia juga berharap para tenaga sukarela lintas profesi tersebut dapat melancarkan misi palang merah, “Harapan kami, TSR sebagai sebagai ujung tombak PMI bisa memaksimalkan fungsi dan peranannya dalam melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan,”pumgkasnya.

Sebagai tambahan informasi, peresmian sekretariat dilakukan dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Markas PMI Kota Semarang Endang Puji Astuti dan menyerahkan kunci sekretariat kepada Koordinator TSR Wiwid Rijanto dengan disaksikan Kabag Yanmas Bambang Kristyono, Komandan KSR Unit Markas PMI Kota Semarang Puji Irawan dengan beberapa anggota TSR dan KSR. (arh).