Doa Qunut Akbar untuk Tenaga Medis Korban Covid-19, Ketua PKB Semarang Dorong Masyarakat Hormati Tenaga Medis

oleh
Suasana Doa Qunut Akbar di DPC PKB Kota Semarang

SOROTNUSANTARA.COM , Semarang – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar Doa Qunut Akbar secara serentak seluruh Indonesia, pada Jumat, (18/9/2020). Seluruh pengurus PKB bersama kader dan anggota partai menghaturkan doa mulai usai sholat Jumat hingga sore hari.

Selain digelar di setiap unit organisasi PKB, juga disiarkan melalui akun Youtube dan via aplikasi Zoom agar bisa diikuti seluruh kader PKB di manapun berada.

Ketua PKB Kota Semarang H Muhammad Mahsun menyatakan, para dokter dan tenaga medis telah menjadi garda terdepan penanggulangan wabah virus Corona. Mereka adalah para pahlawan kesehatan yang patut dipatuhi, didukung dan didoakan.

“Seluruh pengurus, kader dan anggota PKB hari ini serentak berdoa bersama untuk dokter dan tenaga medis,” tuturnya di Semarang, Jumat, (18/9/2020).

Bagi Partai Kebangkitan Bangsa, kata Mahsun, menangani pandemi Covid-19 tidaklah cukup dengan usaha lahiriah manusia. Melainkan juga harus ikhtiar batin memohon pertolongan kepada Allah dzat Yang Maha Menyembuhkan dan Maha Memberi Pertolongan.

Dijelaskannya, PKB terus mendukung upaya penanggulangan pandemi. PKB berpartisipasi aktif mengedukasi masyarakat agar menghormati tenaga medis. Caranya dengan menerapkan protokol pencegahan dan menjalani pola hidup sehat.

PKB Kota Semarang [ft.pkb.doc]
Namun, lanjutnya, hal itu hanya satu bagian dari ikhtiar berdasarkan kemampuan akal manusia. Selaku hamba Allah, sambungnya, haruslah memohon kepada Dzat Yang Maha Kuasa.

“Gusti Allah memerintah kita untuk berdoa. Rasulullah mengajarkan kita untuk selalu berdoa. Doa itu bisa mengubah takdir. Maka marilah kita memohon agar wabah Corona ini segera dihilangkan,” ujar Mahsun seraya mengucap lirih _Aamiin._

Siaran resmi DPP PKB menyebutkan, yang dibaca dalam acara PKB ini adalah Qunut Nazilah. Doa Qunut Nazilah adalah doa yang diajarkan Rasulullah untuk memohon pertolongan saat terjadi wabah, bencana, peperangan, atau menghadapi musuh.

Dalam banyak hadis disebutkan, kala terjadi wabah penyakit, para sahabat Rasulullah menbaca Qunut Nazilah dalam sholat wajib lima waktu hingga wabah sirna. (arh)