,

Doa Lintas Agama, Pelengkap Ikhtiar Lawan Covid-19

oleh
Doa Lintas Agama, Pelengkap Ikhtiar Lawan Covid-19. [istimewa]

SorotNusantara.com , Semarang – Indonesia, sebuah negara khas dengan masyarakatnya yang kuat menganut agama/kepercayaan. Para penganut agama dengan teguh mengimani dan selalu berdoa demi keselamatan dalam setiap kesempatan, terlebih di masa pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Doa bersama menjadi pelengkap ikhtiar melawan Covid-19.

“Doa para tokoh agama ini menjadi bagian penting untuk menguatkan semua pihak dalam upaya memutus mata rantai persebaran Covid-19,” kata Romo Aloyisius Budi Poernomo Pr usai doa bersama lintas agama di Gedung Ghradika Bakti Utama Lantai, Kamis (23/4/2020).

Bahkan, Romo Budi, meyakini doa bersama tersebut juga diamini oleh seluruh umat beragama di Jawa Tengah, “Doa-doa ini juga diikuti dan diamini oleh umat beragama di seluruh kabupaten/kota se Jawa Tengah di kediaman masing-masing”.

Sebagai informasi, doa bersama merupakan agenda Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebagai penguatan spritual dan mental masyarakat. Untuk itu, enam pemimpin umat secara bergantian memanjatkan doa, kepada Tuhan, agar bangsa ini segera dibebaskan dari virus yang mewabah secara global ini.

Perwakilan pemimpin umat enam agama tersebut antara lain; WS Liem Ping An dari Agama Konghucu, Anak Agung Ketut Darmaja dari Agama Hindu, Romo Angga Dhammo Warto dari Agama Budha, Pendeta Bambang Pujianto dari Agama Kristen, Romo Aloysius Budi Poernomo dari Agama Katolik dan Islam Ustadz Danusiri dari Agama Islam. Representasi perwakilan tokoh agama yang terakomodir dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah.

Pemprov Jateng Gelar Doa bersama lintas Agama di Gedung Ghradika Bakti Utama Lantai 2, Kamis (23/4/2020). [istimewa]
Tokoh Konghucu WS Liem Ping An berharap doa bersama tersebut menjadi penyemangat dan sekaligus pelindung para pegiat lapangan dalam memutus mata rantai Corona, “Doa ini menyertai kita semua dalam memutus mata rantai Covid-19,” ucapnya.

Untuk itu, lanjutnya, kita mohon kekuatan Tien untuk menjadi peneguh agar kita kokoh dan yakin bahwa pandemi Covid-19 ini bisa segera sirna.

Ketua FKUB Jawa Tengah KH Taslim Syahlan menambahkan, doa bersama sebagai pelengkap di mana berbagai usaha yang terus dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk FKUB Jawa Tengah yang ikut membagikan cairan gel pencuci tangan praktis dan masker, belum lama ini.

“Ini bagian dari rangkaian ikhtiar bersama banga Indonesia, melengkapi imbauan pemerintah tentang protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dan berbagai pihak yang ikut gotong royong mencegah wabah ini, dan membantu yang membutuhkan. Semoga ujian ini segera berakhir,” pungkasnya. (arh)