,

DMI Kota Semarang Akan Ikut Salurkan Zakat Untuk Terdampak Covid-19

oleh
Ketua PD DMI Kota Semarang H Achmad Fuad saat memberikan beras pada pengemudi ojek online. [ft.istimewa]

SorotNusantara.com , Semarang – Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Semarang di tahun ini akan ikut melakukan pengumpulan dan pengelolaan zakat dari masjid-masjid yang ada di Kota Semarang. Dengan beras zakat tersebut, selanjutnya akan dimaksimalkan kepada masyarakat yang ekonominya terdampak virus corona (Covid-19).

“Baru-baru ini, DMI Kota Semarang memiliki program pengumpulan zakat fitrah dari masjid-masjid yang di Kota Semarang,” kata Ketua PD DMI Kota Semarang, H Achmad Fuad, Selasa (28/4/2020).

Usulan itu, lanjutnya, datang dari Pimpinan Cabang (DMI kecamatan). Untuk pihaknya telah melakukan kajian, dan merespon balik dengan membuatkan surat permohonan (pengumpulan zakat,red) untuk Pimpinan Cabang dan selanjutnya dikirim lewat ojek online.

“Jadi, selain ojol tersebut mendapatkan ongkos pengiriman barang (go send), yang terorder, semua mendapatkan beras 5 kg untuk oleh-oleh keluarga,” ungkapnya.

Disebutnya, bantuan beras diberikan kepada 11 ojek online yang diminta untuk mengantarkan paket surat dan masker berlogo DMI ke 11 Kecamatan di Kota Semarang, pada Senin (27/4/20), di halaman sekretariat DMI Kota Semarang Jl. Panda Barat 44 Palebon. Menurut dia, hal itu sebagai bentuk solidaritas di tengah wabah pandemi Covid-19.

“Bantuan sembako berupa beras 5 kg itu adalah sebagai tambahan kami (DMI) untuk saling berbagi,” imbuhnya.

Untuk diketahui, sebelas Kecamatan yang dikirimi paket surat tersebut antara lain Semarang Timur, Tugu, Tembalang, Gayamsari, Semarang Selatan, Mijen, Ngaliyan, Candisari, Semarang Barat, Banyumanik, dan Semarang Tengah.

“Semua surat dan 10 paket masker berlogo DMI itu diterima langsung oleh ketua atau pengurus DMI kecamatan. Adapun hari ini, lima Kecamatan yang belum akan dikirimkan pula,” jelasnya.

Ahmad Munif, salah satu pengemudi ojol yang mendapat order Go Send ke Kecamatan Tugu merasa senang dengan perhatian kepada DMI Kota Semarang terhadapnya, “Alhamdulillah terima kasih untuk DMI, selain mendapat ongkos order go send sebesar 51 ribu, juga mendapatan beras 5 kg untuk keluarga,” ujarnya. (arh)