Dituding Buang Limbah Hitam, Satgas Citarum Cimahi Cek Pembuat Bakso Ikan

by
Dituding Buang Limbah Hitam, Satgas Citarum Cimahi Cek Pembuat Bakso Ikan

sorotnusantata.com, CIMAHI,- Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 13 melaksanakan giat pengecekan ke perusahaan produsen bakso home industri di Jalan Sasak Golkar, Melong, Kota Cimahi.

Pengecekan ini dilaksanakan berdasarkan laporan berbentuk video oleh seseorang yang mengaku sebagai wartawan ke Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat.

Hasil pengecekan ke dalam bak pengendapan dan keluarannya di aliran sungai, kondisi air hasil produksi berwarna bening namun cenderung keruh, tidak hitam seperti yang dilaporkan.

“Air hasil produksi dari kami berasal dari olahan sagu dan godogan,” kata Cahyo (59) pemilik dari usaha Win Bakso tersebut kepada wartawan.

Diterangkan lebih lanjut oleh Cahyo, “Kami melaksanakan produksi tidak tiap hari, tapi dua hari sekali libur. Satu kali produksi paling banyak adalah 250 kilogram,” terangnya, (30/10/2019) lalu.

“Satgas pernah sosialisasi kesini, makanya saya bikin bak kontrol dan saringan di belakang,” ungkap pemilik perusahaan yang sudah beroperasi selama tiga tahun ini.

“Sisa-sisa endapan biasanya ada yang mengambil kesini, untuk pakan lele katanya,” tambahnya.

Untuk perizinan usahanya sendiri, dijelaskan oleh Cahyo, “Kami sudah memiliki diantaranya Amdal, SIUP, PIRT,  perizinan kami lengkap,” ujarnya.

“Tadi juga yang ngaku-ngaku wartawan itu minta dilihatkan perizinan kami, caranya kurang simpatik,” keluhnya.

“Waktu ngobrol-ngobrol, mereka datang berdua, menyinggung sesuatu secara tidak gamblang, tapi saya tidak mau. Kemudian dia ke aliran sungai mengambil air sungai dan dikirim ke satgas,” ungkapnya.

“Saya sempat kesal pada orangnya, karena saya rasa itu tidak fair, dia tidak mengambil dari air yang dibuang langsung dari sini, tapi dari air sungai. Makanya, saya yakin bapak Satgas datang kesini pasti karena laporan mereka,” terang Cahyo yang mengaku sempat ikut mendokumentasikan orang yang mengaku wartawan tersebut, berinisial WN.

Seusai melaksanakan kegiatan pengecekan di Win Bakso, anggota Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 13 menerangkan kepada wartawan, “Kami sudah mengecek kondisi produksinya hingga ke air buangannya, hasilnya air masih sedikit keruh. Kita sudah arahkan kepada pemilik agar segera menambah bak saringan, supaya air yang keluar ke aliran sungai lebih maksimal,” kata Kopda Muchtar. [St]