Dari Relawan Jadi Ormas, Kawal Indonesia Jadi Lebih Baik

by
Ketua Umum Bravo 5 Pusat Jendral TNI Purn. Fachrul Razi saat memberikan sambutan

SorotNusantara.com , Semarang – Kesolidan yang ditunjukkan Bravo 5 menuai respon positif dari para inisiator gerakan. Usai menunjukkan tajinya sebagai salah satu kelompok relawan pemenangan Jokowi-Amin pada Pilres 2019 lalu, Bravo 5 rencananya bakal dijadikan sebagai organisasi kemasyarakatan (Ormas).

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Bravo 5 Pusat Jendral TNI Purn. Fachrul Razi, seusai menghadiri Silaturahmi Kebangsaan menuju Indonesia Maju yang digelar Bravo 5 Pantura, di Hotel Patra Jasa Jalan Sisingamangaraja Candi Baru Kota Semarang, Sabtu (10/8/2019). “Rencananya akan dideklarasikan pada 25 Agustus mendatang,” katanya.

Menurutnya, pembentukan Bravo 5 menjadi Ormas bukan tanpa sebab. Hal tersebut didasari adanya jejaring tim Bravo 5 telah tersebar di 34 provinsi Indonesia yang masih utuh sampai saat ini. Bahkan di luar negeri juga sudah ada, seperti di Malaysia, Australia, Eropa, Qatar, Amerika, dan sebagainya.

“Itu semua potensi yang luar biasa. Dan potensi ini harus kita manfaatkan. Salah satu caranya dengan membentuknya menjadi Ormas,” jelasnya.

Tim Bravo 5 Gelar Silaturahmi Kebangsaan Menuju Indonesia Maju

Fachrul Razi mengungkapkan, perubahan Bravo 5 dari tim relawan menjadi Ormas diharapkan bisa mendukung dan membantu kegiatan pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin.

Lebih lanjut di menegaskan, Ormas Bravo 5 ini nantinya akan fokus pada penguatan nasionalisme. “Tapi nanti kita akan melihat program pemerintah dulu, nanti kami menyokong dari bawah bagaimana,” ujarnya.

Yang jelas, katanya, masa Pilpres telah usai. “Sekarang kewajiban kita bersama adalah mendukung pemerintah membangun Indonesia maju ke depan,” tandasnya.

Perlu diketahui, Bravo 5 merupakan tim relawan Jokowi sejak Pilpres 2014. Mulanya kelompok ini digagas Luhut Binsar Pandjaitan yang saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Maritim. Nama tersebut diambil dari alamat rumahnya di Jalan Banyumas Nomor 5, Menteng, Jakarta Pusat.

Ketua Umum Bravo 5 Pusat Jendral TNI Purn. Fachrul Razi saat memberikan sambutan dalam Silaturahmi Kebangsaan

Perjalanan selanjutnya, Bravo 5 sempat dibekukan pada 2014 setelah berhasil mengantarkan Jokowi dan Jusuf Kalla memenangkan pemilihan presiden. Namun, menjelang pilpres 2019, tim relawan ini dihidupkan lagi dengan dipimpin oleh mantan Wakil Panglima TNI, Jenderal (Purn) Fachrul Razi. Markas mereka pun turut berpindah ke Jalan Maluku Nomor 32, Menteng. (arh)