Dansektor 21 Satgas Citarum Terima Kunjungan TFL IPAL Domestik Dan TPS3R

oleh
Dansektor 21 Satgas Citarum Terima Kunjungan TFL IPAL Domestik Dan TPS3R

CIMAHI, sorotnusantara.com,- Komandan Sektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat, S.IP, M.Si., terima kunjungan TFL (Tenaga Fasilitator Lapangan) dari PUPR untuk pembangunan IPAL Domestik atau SPALDT (Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpusat) yang lebih dikenal dengan sebutan septictank komunal dan TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reuse, Reduce, Recycle) dalam rangkaian program Citarum Harum untuk di Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi.

Kedatangan para TFL untuk berkoordinasi ini diterima langsung oleh Dansektor 21 di Posko Sektor 21 Taman Kehati, Kampung Cimenteng, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Rabu (29/4/2020).

Usai pertemuan, dikatakan oleh Dani Sendy, perwakilan TFL yang ditugaskan di Kota Cimahi, “Kami adalah TFL yang ditugaskan oleh Kementerian PUPR dalam rangka penanggulangan pencemaran di DAS Citarum. Kebetulan wilayahnya di Sektor 21, sehingga kita berkoordinasi dengan Dansektor untuk perkenalan sekaligus memberitahukan lokasi-lokasinya,” kata Dani.

“Kalau saya di Kota Cimahi itu ada 4 titik SPALDT yang direncanakan, hanya saja lokasinya belum bisa kita share karena belum pasti juga, belum fix dari dinas Kota Cimahi,” ujarnya.

“Untuk program Citarum Harum ini, satu titiknya minimal untuk 70 SR (sambungan rumah),” tambahnya.

Kesempatan yang sama, Nafisa dari TFL Kabupaten Bandung menyebutkan, “Saya TFL TPS3R yang ditugaskan di Kabupaten Bandung. Ada 8 titik yang direncanakan, mulai dari Pangalengan, Banjaran hingga Ciparay. Pembangunannya bulan Juni mendatang, oleh karena itu kita akan sosialisasi mulai awal Mei ini,” terangnya.

“Pekerjaan ini untuk percepatan dan membantu warga masyarakat yang terdampak covid-19, karena akan menggunakan tenaga lokal setempat (padat karya) sesuai kemampuan di wilayahnya masing-masing,” urainya.

Lebih lanjut diterangkannya, jika pekerjaan akan melibatkan tenaga kerja di RW setempat, begitupun toko materialnya adalah yang terdekat.

Menanggapi kunjungan dari para TFL ini, Dansektor 21 Kolonel Inf Yusep Sudrajat menjelaskan, “Alhamdulillah, kita di Sektor 21 kegiatan Citarum Harum ini tetap berjalan, simultan dengan membantu pemerintah saat ini dalam penanganan Covid-19,” jelasnya.

“Hari ini kita ada koordinasi dengan rekan-rekan dari TFL Kementerian PUPR yang menangani SPALDT dan TPS3R di Sektor 21 yang ada di 3 kabupaten dan kota, yakni Kabupaten Bandung, Kota Cimahi dan Kabupaten Sumedang,” terang Dansektor 21.

Dirinci kemudian oleh Dansektor 21, “Di Kabupaten Bandung ada 12 titik kegiatan, yakni 8 TPS3R dan 4 SPALDT.  Di Kota Cimahi 4 titik SPALDT, dan di Kabupaten Sumedang ada 19 kegiatan, 9 TPS3R dan 10 SPALDT,” rincinya.

Pekerjaan-pekerjaan tersebut cukup lumayan nilainya, lanjut Dansektor 21, antara 500 hingga 600 juta rupiah.

“Instruksi pemerintah untuk menanggulangi dampak Covid-19 juga, ini ada percepatan yang diharapkan sosialisasinya rampung bulan Mei ini, koordinasi dengan aparat desa, RW, warga masyarakat dan sebagainya. Bulan Juni diharapkan sudah dibangun,” jelasnya lagi.

Diterangkan lebih lanjut oleh Dansektor 21, “Keterkaitannya dengan covid ini, pelaksanaan pembangunannya dilaksanakan oleh swadaya masyarakat (KSM), artinya RT dan RW disitu bisa merekrut warga masyarakat yang memang belum mempunyai pekerjaan, termasuk warga yang baru di PHK oleh perusahaannya untuk melaksanakan proyek tersebut,” terangnya.

“Mudah-mudahan dengan adanya program ini, masyarakat bisa bekerja di dekat tempat tinggalnya untuk proyek-proyek ini dan membantu perekonomian keluarga,” harap Dansektor 21.

Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat juga menegaskan akan membantu mendorong dan mengawasi pekerjaan-pekerjaan ini.

“Mulai dari sosialisasinya hingga ke pekerjaannya nanti, kita Sektor 21 jelas akan membantu mendorong dan mengawasi,” tegasnya.

“Mudah-mudahan program ini bisa lebih baik dari tahun 2019 lalu dan terasa manfaatnya oleh masyarakat,” harap Dansektor 21 Kolonel Inf Yusep Sudrajat.

[St]