Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Arm Nursamsudin Sidak IPAL PT Vonex Rancaekek

oleh
Dansektor 21 Satgas Citarum Kokonel Arm Nursamsudin Sidak IPAL PT Vonex Rancaekek
Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Arm Nursamsudin (sedang menunjuk) saat mengecek outlet IPAL PT Vonex, Rancaekek, Kamis (25/2/2021).

KAB. BANDUNG, sorotnusantara.com,- Komandan Sektor 21 Satgas Citarum Kolonel Arm Nursamsudin melaksanakan giat sidak (inspeksi mendadak) ke sarana IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) perusahaan produk tekstil PT Vonex, Jl. Raya Rancaekek KM 23, Kabupaten Bandung, Kamis (25/2/2021).

Tiba sekitar pukul 09.00 WIB, Dansektor 21 didampingi jajaran Subsektor 01/Rancaekek diterima oleh staf manajemen PT Vonex, Agung Hariman, kemudian meninjau ke proses produksi hingga ke IPAL.

“Hari ini, Kamis tanggal 25 Februari 2021, kami Sektor 21 Satgas Citarum mengunjungi PT Vonex, Rancaekek, untuk melihat komitmen perusahaan dalam mengelola limbah cairnya,” jelas Dansektor 21.

Dijelaskannya lebih lanjut bahwa sidak yang dilaksanakan ini guna memastikan industri yang ada di wilayah tugasnya konsisten terhadap ketentuan parameter yang telah ditetapkan terkait hasil pengelolaan limbah cair yang dibuang ke media lingkungan agar tidak merusak ekosistem.

“Salasatu parameter dari Satgas Citarum adalah kondisinya bersih dan ada indikator ikan yang sanggup hidup di oulet sebelum hasil olahan limbah itu dibuang ke lingkungan,” ujarnya.

“Pelaku usaha atau perusahaan mendukung program pemerintah dalam menyukseskan Program Citarum Harum dengan tidak membuang limbah berbahaya, baik limbah cair maupun limbah berbahaya lainnya ke sungai agar ekosistem kembali bertumbuh,” tekan Dansektor 21.

Menjabat sebagai Dansektor 21 Satgas Citarum semenjak awal Februari 2021 ini, Kolonel Arm Nursamsudin langsung ngabret dengan melaksanakan koordinasi dan sinergi dengan stakeholder terkait dengan DAS Citarum, hingga anjangsana ke pemerintahan tingkat desa untuk membangun komunikasi dan juga kolaborasi dalam mengatasi persoalan sampah rumah tangga.

Saat ini Dansektor 21 melihat langsung kondisi di lapangan terkait dengan limbah industri yang merupakan salasatu permasalahan yang harus diselesaikan pada program Citarum Harum.