Danpusdikhub Kodiklatad Laksanakan Giat Penggalian Pertama Pembangunan IPAL Domestik Sanimas Citarum Harum Di Asrama Pusdikhub

oleh
Danpusdikhub Kodiklatad Laksanakan Giat Penggalian Pertama Pembangunan IPAL Domestik Sanimas Citarum Harum Di Asrama Pusdikhub

CIMAHI,- Sukseskan dan galakkan Program Citarum Harum, Pusdikhub bersama DPKP Pemkot Cimahi laksanakan penggalian pertama pembangunan SPALDT (Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpusat) atau IPAL domestik komunal di Asrama Microwave RT 03/RW 12 Kalidam Pusdikhub, Cimahi, Kamis (6/8/2020).

Turut pada kegiatan tersebut Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat, PU Provinsi Jabar diwakili oleh Friska Nur Afianti, ST., M, Eng, Sc,, Kadis DPKP Pemkot Cimahi diwakili Siti Rosida ST., MM., dan Nining., ST., M.Sc., Camat Cimahi Tengah diwakili Kasi Sarpras dan Lurah Karang Mekar Cimahi Tengah.

Pembangunan SPALDT tersebut dalam rangka menyukseskan Program Citarum Harum dan sebagai bentuk wujud nyata melestarikan vegetasi lingkungan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya di wilayah Kota Cimahi.

Disampaikan oleh Danpusdikhub Kodiklatad, Kolonel Chb M. Soleh, S.H., M.M., “Hadirnya fasilitas sistem instalasi pengolahan air limbah ini akan memberi dampak positif bagi kehidupan warga Asrama Microwave RT 03/RW 12 Kalidam Pusdikhub. Karena dapat membangun perilaku sehat dan pola pikir lebih maju dalam upaya mendukung program pemerintah yaitu SDM unggul Indonesia maju,” ucap M. Soleh.

Danpusdikhub Kodiklatad, Kolonel Chb M. Soleh, S.H., M.M., saat menyampaikan amanatnya pada kegiatan penggalian pertama pembangunan IPAL Domestik Komunal di Asrama Microwave Pusdikhub, Karang Mekar, Cimahi, Kamis (6/8/2020). [Foto: dok.ist]
Ia pun menjelaskan bahwa sistem instalasi pengolahan air limbah ini adalah salah satu upaya hidup sehat masyarakat dengan menjaga kelangsungan hidup lingkungan sekitar, sehingga limbah yang berasal dari warga tidak langsung dibuang ke sungai, karena limbah ini sangat berbahaya bagi lingkungan, karena disana hidup vegetasi alam yang juga menunjang kelangsungan hidup dari warga itu sendiri, dan pada akhirnya memberikan kontribusi terhadap upaya yang sedang digalakkan yaitu program Citarum Harum.

“Semoga IPAL yang dibangun ini bermanfaat secara optimal khususnya bagi warga Asrama Microwave RT 03/RW 12 Kalidam Pusdikhub dan umumnya bagi Kelurahan Karang Mekar Cimahi Tengah, terutama dalam menjaga kesehatan warga dan kelangsungan hidup dari vegetasi lingkungan,” tutur mantan Kepala Perhubungan Kostrad TNI AD ini diakhir amanatnya.(pen.kodiklatad)