Cipta Karya Dan Kreasi Warga Desa Langensari Membuat Sempadan Sungai Menjadi Asri

oleh
Cipta Karya Dan Kreasi Warga Desa Langensari Membuat Sempadan Sungai Menjadi Asri
Meski sudah jelang malam, tak mengendurkan semangat warga RW 01 Desa Langensari, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, untuk bersolek menghias lembur mereka agar tampak indah dan asri. [Foto: dok. Istimewa]

KAB. BANDUNG, sorotnusantara.com,- Warga RW 01 Desa Langensari, Kecamatan Solokanjeruk, mulai bersolek dan menghias lingkungan mereka terutama di sekitar daerah aliran sungai agar terlihat lebih asri dan indah.

Hal tersebut tampak saat warga berkreasi membuat taman dan mural di lokasi sempadan sungai sungalah yang sebelumnya berdiri bangunan-bangunan liar.

Kegiatan yang dikerjakan dengan antusias secara marathon siang dan malam itu, hasilnya telah mengubah wajah sempadan sungai yang tadinya tampak kumuh menjadi lebih asri, Selasa (2/6/2020).

Warga sendiri telah melaksanakan gotong royong membongkar bangunan liar di sempadan sungai RW 01 Desa Langensari pada tanggal 30 dan 31 Mei 2020 dan dihadiri langsung Kepala Desa Langensari, Agus Kusumah.

Atas pekerjaan yang telah dilakukan oleh warga RW 01 tersebut, Kepala Desa Langensari dan Satgas Citarum Sektor 21 Solokanjeruk memberikan apresiasi.

“Kami di samping memberikan support dan arahan kaitan dengan program edukasi lingkungan yang sedang dilaksanakan beberapa minggu ini yang bertujuan agar warga masyarakat khususnya di RW 01 bisa dan biasa menciptakan lingkungan yang indah dan asri seperti yang dipelopori oleh pengurus RW, RT di lingkungan RW 01 Kp. Cisaradan Girang,” kata Agus Kusumah.

“Lokasi yang tadinya tempat kumuh, penuh tumpukan sampah dan barang-barang bekas, diubah menjadi taman yang bersih dan indah,” ungkapnya.

Agus Kusumah menambahkan, “Dalam hal pengerjaannya, muncul juga kebersamaan dan gotong royong hingga tercipta sebuah kerukunan antara warga dan pengurusnya. Semoga cipta karya dan kreasi yang dibuat di RW 01 bisa menyebar ke RW yang lainnya khususnya di Desa Langensari,” harap Agus Kusumah.

Terpisah, Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 17 mengatakan, “Ini bukti segenap elemen masyarakat khususnya di RW 01 Desa Langensari untuk sama-sama dan penuh kebersamaan menunjukan kepeduliannya terhadap kondisi lingkungan,” kata Serma Agus Sumarna.

“Tentunya kita apresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh warga RW 01 Desa Langensari ini,” ujarnya.

Menurut informasi, kegiatan swadaya pembuatan taman dan mural ini akan dikerjakan di sepanjang kurang lebih 50 meter.

[St]