,

Buka Rapimnas Kadin, Ketua MPR Dukung Pengembangan UMKM

oleh
Buka Rapimnas Kadin, Ketua MPR Dukung Pengembangan UMKM (arh)

SOROTNUSANTARA.COM , Jakarta – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung langkah Kamar Dagang dan Industri (Kadin) untuk mengembangkan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) di Indonesia. Hal itu ia sampaikan saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin Indonesia 2020 di Hotel Sultan Jakarta, Jumat (9/10/2020).

“Saya meminta Kadin Indonesia menitikberatkan pada fungsi dan peran Kadin Indonesia terhadap pelaku usaha kecil khususnya UMKM,” kata Bambang.

Bambang Soesatyo juga mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya Rapimnas Kadin Indonesia 2020. yang mengangkat tema “Membina dan Mengembangkan UMKM untuk Memperkuat Ketahanan Nasional”.

Selain Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, hadir juga Ketua Dewan Pembina Kadin, Oesman Sapta Odang, Ketua Umum Kadin Indonesia Eddy Ganefo, Pengurus Pusat Kadin Indonesia, Ketua Umum Kadin Indonesia Provinsi se-Indonesia.

Ada juga Ketua Umum Asosiasi serta Anggota Luar Biasa, diantaranya IMO-Indonesia, dan 300 lebih tamu undangan. Rapimnas diselenggarakan selama dua hari, yakni pada 9 sampai 10 Oktober 2020 secara virtual.

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) Kadin Indonesia, Ir. H. Eddy Ganefo, MT menyampaikan beberapa pencapaian dan peran Kadin Indonesia selama lima tahun dengan berbagai program andalannya.

“Kadin Indonesia tidak hanya eksis akan tetapi juga memberikan warna serta manfaat kepada dunia usaha kecil menengah khususnya UMKM,” kata Eddy.

Menegaskan hal senada, Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia Oesman Sapta Odang menyatakan, kiprah Kadin Indonesia telah memberikan manfaat dan kebaikan bagi pelaku usaha kecil menengah.

“UMKM betul-betul membutuhkan banyak pembinaan, perhatian dan pengembangan oleh Kadin Indonesia. Mungkin kalau usaha besar lebih kuat sehingga tidak membutuhkan Kadin Indonesia. Kita fokus kecil, menengah dan UMKM saja agar kiranya dapat tetap tumbuh serta berkembang di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19,” ujarnya.

Gelaran Rapimnas Kadin Indonesia 2020 ini juga menjadi ajang promosi ragam produk unggulan UMKM dari binaan Kadin Indonesia. (arh)