Bersihkan Satu Kilometer Anak Sungai Cikijing, Satgas Citarum Sumedang Gandeng Enam Pabrik

by
Bersihkan Satu Kilometer Anak Sungai Cikijing, Satgas Citarum Sumedang Gandeng Enam Pabrik

sorotnusantara.com, KAB. SUMEDANG,- Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15 laksanakan giat karya bakti membersihkan anak Sungai Cikijing bersama sejumlah karyawan dari 6 pabrik, yakni PT Koriester, PT Kaldu Sari Nabati (Karina), PT Dae Sung, PT Konsina, PT Central Sandang Prima (CSP) dan PT Kewalram, Kamis (23/1/2020).

Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 200 personel tersebut, diawali dengan apel gabungan yang dipusatkan di halaman PT Koriester, dipimpin langsung oleh Serka Eri Krisyana dari Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15/Sumedang. Sasaran karya bakti adalah pembersihan daerah aliran sungai sepanjang kurang lebih satu kilometer yang memiliki lebar sekitar satu hingga satu setengah meter yang merupakan media tempat pembuangan hasil olahan limbah dari pabrik yang dilibatkan.

Tampak peserta karya bakti antusias mengikuti kegiatan tersebut, diselingi komunikasi dan kerjasama antar karyawan pabrik yang berbeda.

Direktur PT Koriester, Mr Jun, mengaku kegiatan karya bhakti yang baru pertama kali diadakan dengan melibatkan personel perusahaannya ini adalah hal yang positif. “Ini menggembirakan menurut kami, kita bisa ikut langsung memelihara lingkungan disekitar perusahaan bersama dengan Satgas. Berharap perusahaan kami kedepannya bisa berpartisipasi lebih baik lagi di kegiatan berikutnya,” ucapnya.

Kegembiraan ini juga ditunjukkan oleh karyawan yang ikut serta terjun langsung membersihkan sungai.

“Saya senang bisa ikut kerja bakti ini, air menjadi lancar. Kami harap warga masyarakat juga ikut senang,” kata Andika dan Chandra, karyawan dari Karina.

“Kalau misalkan ada kegiatan seperti ini lagi, saya siap ikut,” ujarnya.

Menariknya, meski lokasi karya bakti tanahnya basah dikarenakan malam sebelumnya diguyur hujan, tak membuat semangat para peserta menjadi surut. Diantaranya bahkan rela menanggalkan sepatu kasualnya dan menaruh di rerumputan lalu melanjutkan bersih-bersih menyusuri aliran sungai tanpa kuatir sepatunya bisa hilang.

“Kita hari ini mengikuti kerja bakti bersama Sektor 21 Subsektor 15. Alhamdulillah, kegiatan ini kita laksanakan sebaik mungkin,” kata Ngadi Utomo, perwakilan manajemen dari Karina usai kegiatan kepada wartawan.

“Kami juga pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI AD Kodam III/Siliwangi yang telah mengabdikan diri kepada masyarakat untuk penanggulangan masalah lingkungan, inilah bukti dan karya nyata dari TNI untuk masyarakat,” ucapnya.

“Kita sebagai masyarakat, mendukung kegiatan karya bakti yang merupakan aksi nyata yang bisa kita lakukan. Mudah-mudahan kerjasama ini tidak hanya hari ini saja, tapi saya harapkan kepada Komandan Subsektor agar bisa mengadakannya minimal tiga bulan sekali untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan,” pungkas Ngadi Utomo.

Senada dengan itu, perwakilan dari PT Kewalram, Kabul Sungkawa, menjelaskan, “Kegiatan hari ini adalah instruksi dari Subsektor 15 Sumedang, dalam rangka membersihkan sampah disekitar perusahaan. Alhamdulillah, kamipun menyambut baik, karena merupakan bagian dari kewajiban kami perusahaan untuk mendukung program Citarum Harum,” jelasnya.

Ia juga berharap kegiatan karya bakti ini rutin dilaksanakan. “Harapan kami, ada kegiatan rutin seperti ini, paling tidak sebulan sekali, untuk menjaga kelancaran saluran air yang ada di Desa Sukadana atau yang berada disekitar perusahaan kami. Terlebih sekarang sudah musim hujan,” ucap Kabul Sungkawa yang mengikutsertakan lebih dari 50 personel pada kegiatan tersebut.

Warga juga menanggapi baik kegiatan karya bakti yang dilaksanakan oleh Satgas Citarum bersama karyawan perusahaan, “Saya menyambut baik, karena sampah yang menyangkut bisa menyebabkan banjir,” kata Amin (56) warga Bojongbolang.

Kesempatan terpisah, Serka Eri Krisyana saat diwawancarai awak media menjelaskan, “Ini kegiatan kita yang pertama melaksanakan karya bakti bersama 6 perusahaan yang berpotensi membuang limbahnya ke aliran anak Sungai Cikijing,” kata Serka Eri Krisyana.

“Kami ucapkan terima kasih kepada dukungan yang antusias dari perusahaan yang terlibat karya bakti hari ini, Insya Allah, kedepannya kita akan tetap libatkan pihak perusahaan untuk kegiatan karya bakti selanjutnya, termasuk perusahaan-perusahaan di aliran sungai yang lain yang berada di wilayah tugas Sektor 21 Subsektor 15/Sumedang,” tutup Serka Eri Krisyana.

[St]