,

Beri Rasa Aman, Ansor Kabupaten Semarang Terjunkan 1200 Banser

by
Personil Banser turut berjaga di salah satu TPS. (ft.doc)

SOROTNUSANTARA.COM , KAB. SEMARANG – Pemilihan umum (Pemilu) diharap dapat terselenggara dengan aman, tertib dan damai. Mendukung terciptanya kondusifitas dalam Pemilu dan memberi rasa aman dan nyaman pemilih, Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Semarang menerjunkan 1200 anggota Banser untuk membantu pengamanan TPS di wilayah Kabupaten Semarang.

“Sesuai instruksi Ketua Umum GP Ansor kami diminta partisipasi ikut membantu aparat keamanan menjaga keamanan dan ketertiban TPS -TPS,” ujar Ketua PC GP Ansor Kabupaten Semarang, Fahmi Dzulfiadi di Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu (17/4/2019).

Diterangkan, selain menjaga TPS para personil Banser juga melakukan patroli secara berkelompok di sekitaran kecamatan masing-masing. Tak ada sajam atau barang berbahaya lain, hanya bersenjatakan alat komunikasi handy talky sekitar enam Banser berpatroli dengan berkendara sepeda motor keliling dari kampung ke kempung, untuk menjaga keamanan lingkungan saat warga meninggalkan rumah ke TPS.

“Jika ada gangguan kami langsung koordinasi Polsek terdekat, agar segera ditangani secara prosedur hukum,” pungkas Fahmi.

Warga pun memberikan respon positif atas keterlibatan Banser dalam membantu pengamanan, seperti diungkapkan oleh Asrofi warga Sraten, Kecamatan Tuntang. Ia menyatakan peran Banser dinilai bagus, selain di TPS juga membantu lalu lintas dan ketertiban lingkungan sekitar TPS di wilayahnya.

“Selama ini saya lihat aparatur keamanan banyak konsentrasi keamanan di TPS dan proses pemilihan, tapi kurang melihat keamanan ketertiban lingkungan. Banser sangat membantu masyarakat menjaga keamanan,” ujar Asrofi. (arh)