Bantaran Sungai Cipamokolan Berbunga Matahari

by

BANDUNG,- Bantaran Sungai Cipamokolan, tepatnya di Jembatan Ciputat, Desa Buah Batu, yang berbatasan dengan Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, kini tampak asri dengan kehadiran taman bunga matahari dan ruang bersantai terbuka hasil karya jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 03/Cipamokolan yang dipimpin oleh Serma Yahuza.

Lebih dari 100 tanaman bunga matahari tersebut, sebagiannya kini sudah berbunga, yang indah dipandang mata.

Lokasi taman tersebut sebelumnya adalah bangunan liar yang sekarang diubah menjadi tempat aktifitas bagi warga masyarakat yang cukup representatif, meski dengan luas lahan yang terbatas.

Selain tanaman bunga matahari, jajaran Subsektor 21-03/Cipamokolan ini juga menanam tumbuh-tumbuhan apotik hidup sebagai edukasi bagi warga bagaimana manfaat dari lingkungan yang bersih yang bisa menghasilkan sesuatu yang produktif ketimbang membuang sesuatu ke daerah aliran sungai yang dampaknya bisa merugikan masyarakat itu sendiri.

Menariknya, selain melaksanakan tugas rutin seperti patroli sungai dan sosialisasi Citarum Harum kepada warga masyarakat, jajaran Satgas Subsektor 21-03 ini pun telah menyelesaikan pembuatan 1.000 lubang di bantaran Sungai Cipamokolan sepanjang kurang lebih 4 Km yang berbatasan dengan Sektor 22 Kota Bandung dibagian hulu serta dengan Sektor 6 dibagian hilir (Sungai Citarum), yang akan ditanami bibit pohon produktif seperti pohon loa dan jenis lainnya.

“Hari ini kami telah menyelesaikan lubang yang ke 1.000,” ujar Serma Yahuza saat dikonfirmasi awak media, Senin (24/12/2014).

“Sebagian lubang tersebut sudah dalam proses pemupukan untuk nantinya siap ditanami bibit pohon,” tambahnya.

Pembuatan lubang untuk penanaman bibit pohon sebagai langkah penghijauan bantaran sungai ini, atas kerjasama Satgas Citarum bersama dengan elemen masyarakat. Diantaranya keterlibatan ormas setempat seperti diantaranya dari Brigez.

Subsektor 21-03 ini juga baru menyelesaikan bak tempat pembuangan sampah untuk warga masyarakat yang berlokasi di RW 04 Desa Tegalluar. Selanjutnya, pembangunan bak sampah ini akan dilakukan di RW 03 Desa Buah Batu.

Pembangunan sarana bak sampah ini merupakan program dari Sektor 21 di tahun 2018, Gebyar Bak Sampah, untuk membantu keluhan warga atas minimnya sarana tersebut.[St]

Tempat pembuangan sampah karya Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 03/Cipamokolan bersama warga di Rw 04 Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.