,

Banom NU Jatibarang Baksos Bersama di Akhir Ramadan

oleh
Para kader NU Jatibarang Brebes saat memberikan takjil pada tukang becak. [ansorjatibarang.doc]

SorotNusantara.com , Brebes – Empat organisasi Badan Otonom (Banom) Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes menyemarakkan akhir Ramadan dengan kegiatan bersama.

Kegiatan yang menunjukkan guyubnya Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Fatayat, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) berbentuk bakti sosial (Baksos) berupa pembagian masker, takjil dan penyaluran zakat fitrah di sekitar Masjid Jami’ Al-Ittihad Jatibarang Kabupaten Brebes Jawa Tengah.

Kegiatan yang dilakukan sejak tanggal 17 sampai hari ini, Kamis (21/5/2020) untuk membuat suasana rukun dan gotong royong diakhir bulan Ramadan yang masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan itu, sebanyak 1600 paket takjil, 500 masker kain, dan lebih dari 11 kwintal beras zakat fitrah habis dibagikan kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Menurut Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat Kecamatan Jatibarang, Dewi Setya Ningrum, kegiatan pembagian takjil merupakan program rutin Fatayat Jatibarang, “Kegiatan sebenarnya agenda rutin Fatayat tiap bulan Ramadan yang biasanya dibagikan berbarengan dengan Posko Mudik Ansor-Banser,” kata Dewi seusai kegiatan.

Akan tetapi, lanjut dia, kondisi saat ini tidak memungkinkan membuka posko mudik karena adanya imbauan pemerintah untuk tidak mudik. “Jadi, meski tahun ini tidak ada posko mudik Alhamdulillah kami masih bisa membagikan ribuan paket takjil dan tetap berkerjasama dengan Ansor Jatibarang,” ungkapnya.

Menurutnya, baksos pembagian takjil dilakukan sekaligus sebagai sarana untuk sosialisasi pencegahan penyebaran penularan Covid-19 kepada warga masyarakat dengan mengurangi aktifitas diluar rumah, mengenakan masker saat keluar rumah, melaksanakan pola hidup sehat dan bersih (PHSB).

Para kader NU Jatibarang Brebes saat memberikan takjil pada tukang becak. [ansorjatibarang.doc]
Sementara, PAC GP Ansor Jatibarang membagikan ratusan masker kain untuk pelaku usaha dan pengguna jalan yang belum memakai masker. Menurut Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Jatibarang, M. Ircham Arifudin, pembagian masker kain merupakan yang kedua kalinya.

“Sebelum masuk bulan Ramadan, Ansor telah melakukan kegiatan yang sama, yaitu pembagian ribuan masker kain,” katanya.

Ircham melanjutkan, untuk membantu pemerintah, berbagai upaya dan program pencegahan penyebaran penyebaran Covid-19 telah dilakukan, namun ternyata masih banyak masyarakat yang kurang menyadari atau kurang memperhatikan imbauan tersebut, sehingga pihaknya kembali melakukan ikhtiar yang sama, “Mengkampanyekan gerakan bermasker saat aktifitas diluar rumah dan melaksanakan PHSB,” tegasnya.

Selain itu, sambunya, kegiatan tersebut merupakan rangkaian program penjualan beras untuk zakat dan penyaluran Zakat Fitrah yang diselenggarakan GP Ansor di tingkat Kabupaten maupun Kecamatan, “Alhamdulillah ada 11 kwintal lebih telah habis terdistribusikan,” ujarnya.

Perlu diketahui, penyaluran zakat merupakan program GP Ansor Brebes yang baru dimulai tahun ini, “Mudah-mudahan ke depan kami bisa menyiapkan stok beras paket zakat fitrah lebih banyak lagi, sehingga lebih banyak masyarakat yang memercayakan penyaluran zakat fitrahnya melalui relawan-relawan Ansor Jatibarang,” pungkasnya. (zaq,arh)