Banjarnegara Kekeringan, Sehari PMI Kirim 15.000 Liter Air Bersih

oleh
Relawan PMI Banjarnegara saat mengisi bak penampungan air warga (alw)

SOROTNUSANTARA.COM , Banjarnegara – Palang Merah Indonesia (PMI) Banjarnegara mendistribusikan air bersih bagi warga Banjarnegara. Kegiatan ini dilakukan hampir tiap tahun, sebab kebutuhan air bersih masih menjadi permasalahan bagi warga Banjarnegara di masa kemarau.

“Kami, PMI Banjarnegara mendistribusikan air bersih ke wilayah terdampak kekeringan sesuai dengan peta persebaran dan data asesment BPBD Banjarnegara,” kata Ketua PMI Banjarnegara Amalia Desiana di markas PMI Banjarnegara, Kamis (8/10/2020).

Distribusi air bersih, lanjut Amalia, merupakan upaya dan komitmen PMI dalam membantu pemerintah sekaligus langkah nyata PMI melayani masyarakat.

Amalia mengungkapkan, dalam sehari relawan PMI Banjarnegara dapat mendistribusikan 15.000 liter atau 3 tanki air bersih. Jumlah tersebut menyesuai sebaran peta wilayah terdampak kekeringan dari BPBD.

“Optimalisasi peran PMI ini diharap membuat masyarakat lebih paham tentang tugas PMI yang tidak hanya berkutat dengan masalah donor darah, tapi tugas-tugas kemanusiaan,” terangnya.

Sementara, Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Alam PMI Banjarnegara, Andri Sulistyo mengatakan sinergi PMI dan pemerintah serta beberapa pihak sangat diperlukan untuk mengatasi berbagai masalah sosial, kemasyarakatan dan kebencanan.

Menurut Andri, pembuatan tampungan di beberapa titik lokasi desa terdampak diharapkan bisa menghindari kerumunan masyarakat. “Model distribusi air bersih saat ini juga diharapkan lebih mendidik masyarakat agar lebih tertib, nyaman serta menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Saat ini, sebanyak sepuluh desa telah menjadi target distribusi. Disebut diantaranya Desa Petir Kecamatan Purwanegara, Desa Jalatunda Kecamatan Mandiraja, Desa Karangjati dan Desa Derik Kecamatan Susukan, Desa Sirkandi Kecamatan Purwareja Klampok.

Selanjutnya Desa Kebutuhjurang, Desa Lebakwangi, dan Desa Duren Kecamatan Pagedongan, Desa Wanadri Kecamatan Bawang, dan Desa Semampir Kecamatan Banjarnegara.

“Masih ada dua desa lagi yang mengajukan permohonan bantuan, segera kita proses,” tutupnya. (alw/arh)