Bandel, Lubang Saluran Pembuangan Limbah PT Adetex Ditutup Satgas Citarum

by
Bandel, Lubang Saluran Pembuangan Limbah PT Adetex Ditutup Satgas Citarum

SOROTNUSANTARA.COM, Bandung,- Lubang saluran pembuangan limbah PT Adetex, Banjaran, pada hari, Sabtu (25/8/2018), sekitar pukul 15.00 WIB ditutup oleh jajaran Sektor 21 Satgas Citarum pimpinan Kolonel Inf Yusep Sudrajat dengan cara dicor. Pasalnya, perusahaan ini diketemukan oleh jajaran satgas telah membuang limbah yang berwarna hitam ke aliran Sungai Citalugtug yang merupakan anak Sungai Cisangkuy yang bermuara ke Sungai Citarum.

Padahal, PT Adetex ini sebelumnya sudah pernah ditutup lubang saluran pembuangan limbahnya oleh satgas pada tanggal 31 Mei 2018 lalu karena persoalan yang sama, mencemari sungai dengan limbah yang berwarna pekat.

Dijelaskan oleh Dansektor 21 Kolonel Inf Yusep Sudrajat dibeberapa kesempatan, tindakan penutupan lubang pembuangan limbah yang dilakukan oleh Sektor 21 Satgas Citarum ini adalah dimaksudkan untuk melokalisir sumber pencemaran ke Sungai Citarum sesuai amanat Perpres No. 15 tahun 2018 tentang percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan daerah aliran Sungai Citarum. Terlebih dalam tugas pokoknya di Satgas Citarum, TNI memiliki tanggung jawab di bidang penataan ekosistem.

“Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor Cisangkuy pada pukul 13.00 hingga 15.00 WIB melaksanakan pengecoran lubang saluran pembuangan limbah PT. Adetex di Jl. Raya Banjaran, Desa Batu Karut, Kec. Arjasari Kab. Bandung,” kata Kolonel Inf Yusep Sudrajat pada keterangannya kepada media. “Tindakan ini sudah dilaporkan ke komando atas,” tambahnya.

PT Adetex sendiri, melalui pimpinannya Wewey Tjahyadi dan perwakilan manajemen Agus Safari saat konferensi pers pada tanggal 5 Juni 2018 lalu, saat meminta agar tutup di lubang pembuangan limbahnya dibuka, dihadapan elemen masyarakat dan awak media sempat menyatakan akan mendukung Program Citarum Harum, sambil menunjukkan sampel olahan limbahnya yang sudah bersih. [St]

Kondisi limbah di outlet PT Adetex sebelum ditutup oleh Sektor 21 Satgas Citarum Subsektor 7 Cisangkuy
Kondisi limbah di outlet PT Adetex sebelum ditutup oleh Sektor 21 Satgas Citarum Subsektor 7 Cisangkuy