Awali Kebaikan Ramadan, MWC NU Tugu Bagikan Masker dan Seribu Takjil

oleh
Salah satu pengurus IPNU membagikan masker pada warga

SorotNusantara.com , Semarang – Bulan Ramadan menjadi bulan yang sangat dinantikan oleh umat Islam. Pada bulan Ramadan, berbagai kegiatan pembinaan agama banyak digencarkan. Namun hal itu tak bisa digencarkan dalam bentuk perkumpulan mengingat adanya wabah Corona yang harus dicegah dengan meminimalisir perkumpulan, termasuk di tempat ibadah.

Mengawali kebaikan di bulan Ramadan, pengurus Majleis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Tugu melakukan pembagian masker dan takjil sejumlah 1000, “Pada bulan ramadhan ini kami awali program sosial kami dengan membagi masker sebanyak 1000 untuk warga Kecamatan Tugu. Apalagi setelah kami mendengar kabar bahwa ada warga Tugu dinyatakan positif Corona, kami segera menggalang donasi untuk kami buatkan masker dan takjil seribu untuk warga Tugu,” kata Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Tugu Nasokan, Jumat (24/4/2020).

Nasokan melanjutkan, kegiatan tersebut sebagai ijtihad sosial dalam menjaga masyarakat yang ada di kecamatan Tugu agar terjaga dari wabah Corona Virus Disease atau Covid-19. Sebelum memasuki bulan Ramadan, pihaknya juga telah melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah masjid/musalla.

Usaha tersebut cukup singkat, lanjutnya, melalui aplikasi percakapan WhatsAps dirinya mengajak semua Badan Otonom (Banom) NU yang ada di kecamatan Tugu untuk mengumpulkan donasi. Dalam waktu sepekan dana yang terkumpul mencapai Rp.4.450.000.

“Usaha ini juga tak lepas dari sokongan para kiai sepuh NU Tugu dan hasil iuran para pengurus NU dan Banom di Tugu,” jelasnya.

Umamah, salah satu warga Tugu yang kesehariannya sebagai pedagang kelontong mengaku sangat senang kegiatan berkah Ramadan dalam bentuk bagi masker tersebut.

“Ya saya merasa senang lah, saya pengen sehat, pengen keluarga saya terhindar dari Corona. Apalagi ini dapat masker yang bertulis logo NU dari MWC NU Tugu, saya seneng banget” tuturnya sambil menunjukkan masker berlogo NU di tangannya. (choir,arh)