Antisipasi Naiknya Permukaan Sungai, Satgas Citarum Sektor 21 Lagadar Bersihkan Sampah Dan Tanaman Liar

oleh
Antisipasi Naiknya Permukaan Sungai, Satgas Citarum Sektor 21 Lagadar Bersihkan Sampah Dan Tanaman Liar

KAB. BANDUNG, sorotnusantara.com,- Mengantisipasi naiknya permukaan air sungai akibat intensitas curah hujan yang tinggi saat ini, anggota Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 11/Lagadar bersama dengan warga pelopor kebersihan melaksanakan giat korve di anak Sungai Cimahi.

Kegiatan rutin selepas apel pengecekan personel yang dilakukan di aliran sungai tersebut, sasarannya adalah pengambilan sampah dan pembabatan rumput liar.

“Kami saat ini membersihkan daerah aliran anak Sungai Cimahi di Kampung Sukamanah RT 05 RW 07, Desa Lagadar, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung,” kata Serma Zamroni, Rabu (28/10/2020).

“Kegiatan ini sasarannya pembersihan sampah dan pengangkatan rumput, semak belukar dan ilalang. Menggunakan peralatan sederhana dan satu mesin pemotong rumput,” jelasnya.

Ditambahkan lebih lanjut oleh Serma Zamroni, “Ya, kita antisipasi naiknya permukaan air sungai kala hujan turun yang berpotensi membawa sampah hanyut hingga ke hilir,” tambahnya.

Pada korve yang dilaksanakan di sepanjang 25 meter aliran sungai itu, sampah yang berhasil dikumpulkan sebanyak kurang lebih 100 kilogram.

“Sampah yang terkumpul sekitar 100 kilogram,” sebut Serma Zamroni.

Selanjutnya, setelah giat korve dan ishoma, anggota Satgas kemudian patroli sambil melaksanakan komunikasi sosial kepada warga masyarakat secara door to door.

“Pada giat komsos ini, kami mengajak masyarakat supaya ikut serta berperan aktif mengembalikan ekosistem dan kelestarian sungai, dengan cara menghijaukan kembali bantaran sungai, menjadi jaring informasi industri yang masih membuang limbah ke sungai, dan bersama menjaga serta menjadi pelopor untuk tidak membuang sampah di sungai,” pungkas Serma Zamroni.[St]