Ansor Bersama Satgas Terpadu Covid-19 Palangka Raya Sosialisasikan Kelurahan Humanis

oleh
Personil Banser Palangka Raya saat melakukan sosialisasi pada masyarakat. [doc]

SorotNusantara.com , Palangka Raya – Penyebaran virus Corona di Kota Palangka Raya semakin meningkat. Saat ini terdapat 50 pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani perawatan, salah satunya Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin. Maka respon cepat dari Pemkot adalah dengan memberlakukan Pembatasan Skala Kelurahan Humanis (PSKH) di setiap kelurahan yang statusnya zona merah.

Menurut Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Palangka Raya Ahmad Noor Slamet sekaligus ketua Satgas Covid-19 Banser Kota Palangka Raya, kegiatan sosialisasi PSKH terdiri Satgas TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, PMI, Banser, dan MDMC Muhammadiyah.

“Kita (Ansor-Banser) wajib berpatisipasi, pada bulan lalu hanya mengerahkan 10 personil Banser untuk penyemprotan disinfektan, sekarang Ansor Banser menerjunkan 30 personil untuk penyemprotan dan sosialisasi bahaya Covid-19 yang tersebar di 8 kelurahan zona merah,” demikian kata Slamet kepada Sorot Nusantara, Minggu (3/5/2020).

Slamet pun menegaskan, pihaknya juga mendukung sosialisasi imbauan Pemerintah Kota untuk mengajak masyarakat menjaga diri dan menerapkan hidup sehat maupun protokol kesehatan, tidak mengadakan kegiatan pengumpulan massa untuk sementara ini, dan menghindari kontak fisik dengan orang lain. Selain itu mengenakan masker jika diliar rumah, dan berusaha tetap di rumah.

Menurut dia, hal tersebut usai pertemuan bersama Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol. Dwi Tunggal Jaladri yang menyebut pada hari Kamis tanggal 30 April 2020 terdapat 8 Kelurahan berstatus Zona Merah di kota Palangka Raya. Karena itu Dwi berharap Satgas Gugus Terpadu Penanganan Covid-19 Kota Palangka Raya bergerak melakukan sosialisasi Pembatasan Skala Kelurahan Humanis di 8 Kelurahan yang menjadi zona merah tersebut.

Sedikitnya, sebanyak 387 Personel Gabungan dari Kepolisian, TNI, Sat Pol PP Kota Palangka Raya, Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya. BPBD Kota Palangka Raya, PMI, Banser, dan MDMC Muhammadiyah. Mereka melakukan kegiatan sosialisasi penangkalan Covid-19 serta pembagian masker bagi warga yang membutuhkan di 8 kelurahan zona merah tersebut.

Zona merah pertama, Kelurahan Bukit Tunggal terdapat Pos Induk Kelurahan Bukit Tunggal yang membawahi 4 pos diantaranya pos 1 di Jalan Pertokoan Elektronika UVO, pos 2 di Pasar Rajawali, pos 3 di Simpang Hiu Putih – Jl. Rajawali, dan pos 4 di Jl. Tjilik Riwut Km 10. Selanjutnya Kelurahan Palangka dengan Pos Induk Kelurahan Palangka, pos 1 di Jl. Kini Balu – Jl. Bhayangkara, pos 2 di Pasar Kahayan, pos 3 di Jl. Garuda Simpang Empat Rajawali, dan pos 4 di Jl Tingang simpang 4 Jl. Bukit Keminting dengan target sosialisasi pada pengurus masjid.

Ketiga, zona merah di Kelurahan Menteng dengan Pos Induk Kelurahan Menteng, pos 1 di Jl. Soekarno Bundaran Burung, Pos 2 di Jl. Raden Saleh – Jl. RTA Milono, dan pos 3 di Jl. G. Obos – Jl. Temanggung Tilung. Pada pos ini para petugas melaksanakan sosialisasi penangkalan Covid-19 dan pembagian sembako kepada warga yang membutuhkan.

Kelurahan Langkai sebagai zona merah keempat dengan Pos Induk di Kelurahan Langkai, pos 1 Jl. H. Ikap – Jl. Dipinegoro, pos 2 di Bundaran Set Adji, pos 3 Jl. Cempaka – Jl. Nyai Undang dan pos 4 pertokoan Flamboyan. Kegiatannya, sosialisasi penangkalan Covid-19 kepada pengurus masjid. Selanjutnya di Kelurahan Panarung dengan Pos Induk Kelurahan Panarung, pos 1 di Jl. Pilau – Jl. Diponegoro, pos 2 di Jl. Pinus Permai – Jl. Jati, pos 3 Jl. Damang Batu – Jl. Pinus, dan pos 4 Jl. Set Adji – Jl. Pakis.

Keenam di Kelurahan Pahandut dengan Pos Induk Kelurahan Pahandut, pos 1 Jl. Kalimantan – Jl. Riau, pos 2 Jl. A.yani – Jl. dr. Murjani, pos 3 gang Srikandi, pos 4 Pasar Besar. Di Kelurahan Kereng Bangkirai sebagai zona merah ketujuh dengan Pos Induk Kelurahan Kereng Bangkirai hanya terdapat 2 pos yakni pos 1 jl. RTA Milono – Jl. Mahir Mahar, dan pos 2 Jl. Mangku Raya (wisata air hitam). Dengan kegiatan sosialisasi penangkalan Covid-19 dan pembagian masker kepada warga. Terakhir, kedelapan di Kelurahan Sabaru juga terdapat dua pos yang membantu Pos Induk Kelurahan Sabaru yakni pos 1 Jl. RTA Milono – Jl. Sabaru dan pos 2 Perumahan ASABRI III

Sebagai catatan, patroli kamtibmas sekaligus sosialisasi penangkalan Covid-19 dilakukan oleh 39 personil gabungan TNI-POLRI, dan SATPOL PP

Sementara, Ketua Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Kalteng Elly Saputra meminta kepada personel Banser yang bertugas untuk mengikuti arahan Kapolresta Palangka Raya, “Sesuai tujuan pihak kepolisian dalam menjalin silaturahmi dan kemitraan sekaligus mendekatkan diri antara polri dengan warga masyarakat agar kedepan Polri lebih dipercaya dan dicintai masyarakat,” kata Elly.

Demikian pula, sambungnya, Ansor-Banser bergerak lebih humanis dengan tujuan yang kurang lebih sama, lebih dipercaya dan dicintai masyarakat, “Mari, bergerak bersama demi kebaikan bangsa dan negara,” pungkasnya. (ans,arh)