Anggota Baru Diminta Teladani Prestasi Senior

by
Pembina Teknis, Tofik Ismail saat memberikan sambutan. (sn)

Korp Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Universitas Wahid Hasyim Semarang mengadakan Orientasi Kepalangmerahan bagi calon anggota baru


sorotnusantara.com , Semarang – Keberhasilan seseorang dalam sebuah organisasi kerap menjadi acuan dalam membentuk para penerusnya. Hal ini disampaikan pembina Teknis KSR-PMI Unit Universitas Wahid Hasyim Semarang (UNWAHAS) Tofik Ismail dalam pembukaan Orientasi Kepalangmerahan di Ruang A3.03 Kampus I UNWAHAS, Jalan Menoreh Tengah, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang.

“Para calon anggota harus meneladani para seniornya yang telah menorehkan berbagai prestasi,” kata Tofik, Sabtu (5/10/2019).

Selain itu, ia juga mengingatkan sifat kesukarelaan dalam kegiatan di PMI. Menurutnya, kesukarelaan berarti mengabdikan keterampilan yang telah dipelajari tanpa mengharapkan imbalan.

Sementara, Komandan KSR-PMI Unit UNWAHAS, Krisna Adhitama meminta para peserta untuk dapat mengikuti dengan sebaik-baiknya. “Ikuti rangkaian kegiatan dengan sungguh-sungguh. Karena ada banyak materi dasar yang harus dikuasai untuk menjadi seorang relawan,” ujarnya.

Para peserta berfoto bersama dengan Kabag kemahasiswaan, pembina, dan pengurus KSR PMI UNWAHAS. (sn)

Diuraikannya, materi tersebut diantaranya mengenal Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional (PMBSMI), keterampilan dasar di bidang Pertolongan Pertama (PP) dan Penanggulangan Bencana (PB), “Keterampilan yang didapatkan dari kegiatan ini akan dijadikan dasar penugasan bagi calon anggota,” jelasnya.

Selain keterampilan, lanjutnya, penggemblengan mental juga diperlukan karena tekanan pada saat melakukan tugas kemanusiaan terbilang berat. Selain itu, terdapat berbagai kegiatan untuk merekatkan kekompakan calon anggota dan meningkatkan kemampuan bekerja dalam tim.

“Ini diperlukan karena lingkungan pelayanan kemanusiaan sangatlah dinamis, sehingga dibutuhkan kemampuan relawan untuk mampu beradaptasi,” tandasnya.

Krisna berharap, kesungguhan dalam menjalankan misi kemanusiaan di PMI dapat memberikan dampak yang baik bagi masa depan, “Semoga salah satu diantara kalian dapat menjadi pemimpin kemanusiaan di masa depan,” harapnya.

Kabag Kemahasiswaan UNWAHAS Ali Imron dalam kesempatan tersebut mengapresiasi aktifitas para relawan selama ini. Menurutnya, dedikasi KSR-PMI Unit UNWAHAS telah terbukti dengan mengikuti penugasan di tingkat internasional. Selain itu, ia berpesan agar setelah mengikuti orientasi tersebut, para anggota bari dapat segera beradaptasi dengan baik.

“Pesan saya, anggota baru agar dapat mengontrol diri, membawa diri dan percaya diri untuk menunjukkan kualitas KSR-PMI Unit UNWAHAS, serta mengharumkan nama Universitas Wahid Hasyim,” pesannya.

Pesan lain, ia berharap agar para relawan selalu aktif dalam pelayanan kemanusiaan serta berperan dalam pendampingan masyarakat di bidang kesehatan dan kemanusiaan melalui berbagai program seperti Program Hibah Bina Desa (PHBD).

Untuk diketahui, Orientasi Kepalangmerahan sebagai rangkaian kegiatan open rekrutmen dalam meningkatkan kapasitas calon anggota baru diikuti oleh 35 calon anggota dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakuktas Ilmu Keguruan dan Ilmu Kependidikan (FKIP), Fakuktas Agama Islam (FAI), Fakultas Ekonomi dan Fakultas Pertanian. (arh)