,

Akhirnya, Back Hoe Satpol PP Bongkar Karaoke Liar di Seputar Kawasan MAJT

by
Satpol PP menggunakan alat berat Back Hoe untjk melakukan pembongkaran tempat karaoke liar di seputar kawasan MAJT.

SorotNusantara.com , Semarang – Karaoke liar yang merebak di seputar kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) pada akhirnya berakhir dengan alat berat. Diberitakan sebelumnya, sejumlah organisasi kemasyarakatan (Ormas) tingkat Jawa Tengah gencar menolak menyusul aliansi Tiga Remaja Masjid yang menggalang tanda tangan sebagai petisi yang ditujukan kepada Wali Kota Semarang.

Rabu (6/1/2019) pagi, sebanyak 45 bangunan karaoke liar yang ada di kawasan MAJT dibongkar oleh petugas Satpol PP Kota Semarang. Terdapat tiga titik lokasi bangunan karaoke yang dibongkar. Yakni karaoke yang berada di Jalan Arteri Soekarno-Hatta depan SPBU, dan dua lokasi lainnya di sebelah tempat relokasi Pasar Johar MAJT.

Menurut Kepala Satpol PP Kota Semarang Fajar Purwoto, pihaknya menerjunkan 100 petugas dengan dua alat berat jenis back hoe untuk merobohkan bangunan-bangunan liar tersebut, “Kami juga dibantu sejumlah organisasi masyarakat (ormas) Kota Semarang. Tadi turut mengawal pembongkaran,” kata Fajar pada awak media.

Fajar mengungkapkan, pembongkaran tempat yang identik dengan hiburan malam tersebut bukannya tanpa sebab, akan tetapi karena terbukti karena melanggar peraturan daerah (Perda) Kota Semarang, sehingga harus ditindak tegas dengan dilakukan pembongkaran. Lebih lanjut ia menerangkan, pelanggaran yang dimaksud adalah tidak adanya izin karaoke, mendirikan di lahan orang, dan mengganggu kenyamanan di sekitar tempat ibadah.

“Kami harus menertibkan karaoke ini karena dirasa sangat mengganggu umat Islam. Hari ini kami ratakan. Sebagian ada yang baru kami bongkar atapnya,” ujarnya menjelaskan.

Fajar melanjutkan, semua tempat karaoke yang ada disekitar MAJT akan dibongkar tuntas dan dilarang untuk berdiri lagi, bahkan dirinya juga memberi ultimatum kepada para pemilik tempat karaoke untuk tidak mencoba-coba mendirikan kembali tempat karaoke di tempat tersebut, “Hari ini kami tuntaskan semua harus dibongkar, jadi kedepannya tidak ada lagi tempat karaoke di sekitar MAJT,” tegasnya. (arh)