,

Akan Gelar Pekan Kerukunan Internasional, Asosiasi FKUB Indonesia Temui Wapres

oleh

SorotNusantara.com , Semarang – Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma’ruf Amin (KMA) belum lama ini menerima rombongan lintas iman yang telah didaulat sebagai Panitia Konferensi Nasional VI Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Pekan Kerukunan Internasional. Kegiatan tersebut menurut rencana akan digelar di Provinsi Sulawesi Utara di Manado pada 14 – 19 April 2020 mendatang.

Ketua Umum Asosiasi FKUB Indonesia Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet, Sekjen KH. Maratua Simanjuntak, Wakil Sekjen Gede Nurjaya, KH. Taslim Syahlan, dan Bendahara Erna Kusuma hadir dalam kesempatan itu.

Sedangkan panitia yang hadir diantaranya Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang sekaligus sebagai Ketua Dewan Pengarah, Kepala Badan Kesbangpol Steven Liau sebagai Ketua Harian, Kepala Biro Kesra Provinsi Sulut, KaKanwil Kementerian Agama, dan beberapa panitia lainnya.

“Alhamdulillah rombongan diterima dengan baik oleh Wapres,” kata Ketua FKUB Jateng KH Taslim Sahlan saat ditemui di Universitas Wahid Hasyim (UNWAHAS) Semarang, Jumat (13/3/2020).

Perwakilan Asosiasi FKUB berfoto bersama seusai silaturrahmi ke Wakil Presiden RI

Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) UNWAHAS ini melanjutkan, Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet menyampaikan rasa syukur, dan bahagia atas penerimaan yang sangat baik dari Wakil Presiden. Selanjutnya Ida Agung melaporkan, sejak 5 tahun lalu FKUB mendapatkan dukungan Gubernur sehingga setiap konferensi berjalan lancar. Disebutkannya di Jawa Tengah, Bali, Medan, Kaltara, Makassar.

“Untuk tahun ini akan dilaksanakan di Manado Sulawesi Utara,” jelasnya.

Oleh karena itu ia meminta arahan KMA agar Asosiasi FKUB yang ada di Indonesia mampu berperan semakin baik dan terdepan di dalam merawat kerukunan bangsa.

“Kami sangat berharap mendapat pengarahan agar Konferensi Nasional VI FKUB di Manado dapat berjalan dengan lancar, dan bagus, serta mendapatkan nilai nilai yang mampu lebih merekatkan persaudaraan dan kerukunan kita bangsa Indonesia,” kata Taslim menirukan.

Selain Ida Agung, lanjutnya, Olly Dondokambey yang melaporkan bahwa Provinsi Sulawesi Utara telah mengadakan pekan kerukunan secara rutin setiap tahun.

“2 tahun yang lalu Pekan Kerukunan Internasional dilaksanakan bareng perayaan hari Paskah dengan mengundang tokoh-tokoh agama dari luar negeri,” urainya.

Ia melanjutkan, pekan Kerukunan Internasional tahun ini tak hanya digabung dengan perayaan hari Paskah, namun juga terdapat kegiatan Konferensi Nasional Asosiasi FKUB, “Kami harap Wapres berkenan untuk membuka acara tersebut,” ujarnya.

Sebagai informasi, KMA menerima rombongan dengan beberapa Staf Wakil Presiden, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Kepala Pusat KUB Kementerian Agama Nifasri dalam suasana yang harmonis, “Meskipun pertemuan resmi tapi suasananya akrab. Jadi semua bertemu Kiai Maruf dengan santai,” bebernya. (arh)