,

Ajak Hidup Sehat, PMI Semarang Salurkan 52 Paket PHBS Kit Untuk Pasar

oleh
Foto dokumentasi PMI Kota Semarang

SorotNusantara.com , Semarang – PMI Kota Semarang menyalurkan 52 paket perlengkaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Kit untuk menjaga kebersihan warga pasar di Kota Semarang. Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Sekretaris Pengurus PMI Kota Semarang H. Surahman kepada Kepala Dinas Perdagangan Fravarta Sadman di Pasar Bulu Semarang, Selasa (30/6/2020).

H. Surachman mengatakan, bantuan yang diserahkan tersebut merupakan hasil donasi yang dihimpun oleh media Tribun Jateng. Donasi digunakan untuk keperluan pemenuhan kebutuhan cuci tangan di tempat-tempat umum.

“Memang pasar daerah yang rawan untuk penularan virus Korona ini. Jadi bantuan dari Tribun Jateng kita salurkan ke pasar-pasar agar masyarakat mempunyai keinginan untuk mencuci tangannya,” kata Surachman.

Menurut dia, kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui cuci tangan membutuhkan stimulan berupa penyediaan sarananya. Dengan adanya tempat cuci tangan di 52 pasar, maka masyarakat bisa memanfaatkan bantuan itu untuk menjaga kesehatannya.

Kata Surachman, pasar merupakan tempat yang tepat untuk melakukan sosialisasi tentang protokol kesehatan Covid-19. Karenanya PMI bersama Dinas perdagangan akan terus melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19, utamanya di fasilitas umum.

“Kalau perlu dipasang alat pengeras suara untuk selalu mengingatkan pedagang atau masyarakat yang sedang berbelanja,” tandasnya.

Foto dokumentasi PMI Kota Semarang

Menerima bantuan PMI Kota Semarang, Kepala Dinas Perdagangan Fravarta Sadman mewakili kepala pasar dan semua pedagang di 52 pasar yang ada di Kota Semarang menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan donasi lewat Tribun Jateng Peduli Covid-19 untuk PMI Kota Semarang dalam upaya pencegahan dan pemutusan rantai virus Korona Covid-19,” ucapnya.

Menurut Frafarta, bantuan PHBS KIT berupa ember tempat cuci tangan dan sabun cair, tentunya sangat bermanfaat bagi para pedagang. Karena aturan dalam protokol kesehatan mewajibkan orang yang masuk pasar harus memakai masker, berjaga jarak serta menjaga kebersihan diri.

“Dan yang lebih penting dan efektif adalah sering mencuci tangan dengan air mengalir memakai sabun,” ujarnya.

Sebagai tambahan informasi, PMI Kota Semarang juga akan menyalurkan PHBS Kit untuk tempat ibadah seperti masjid, gereja dan sebagainya, serta fasilitas umum lain di kota Semarang. (arh)