Abiyoso Seno Aji Teken Pakta Integritas Penerimaan Siswa SIP Polda Jateng

oleh
Wakapolda Jateng Abiyoso Seno Aji saat membacakan sambutan Kapolda (sorotnusantara.com/dok)

SOROTNUSANTARA.COM , Semarang – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah menggelar acara penandatanganan Pakta Integritas, pengambilan sumpah dan arahan kepada panitia penerimaan siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Angkatan ke-50 Tahun 2021 bertempat di Aula Lantai II Mapolda Jawa Tengah pada Selasa (2/1/2021)

Acara tersebut dihadiri oleh Wakapolda Jateng Brigjen Pol Abiyoso Seno Aji SIK, Irwasda Polda Jateng selaku Ketua Tim Wasdal Kombes Pol Mashudi, Karo SDM Polda Jateng selaku Ketua Pelaksana Kombes Pol Iriansyah serta para PJU lain.

Pelaksanaan penerimaan Sekolah Inspektur Polisi ini didasari oleh semakin kompleksnya tantangan tugas yang dihadapi oleh Polri, sehingga dibutuhkan SDM Polri dengan kompetensi memadai, jujur dan bertaqwa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, serta mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara profesional;

Selama ini penerimaan anggota Polri di Polda Jawa Tengah dinilai baik, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam sambutan yang dibacakan Wakapolda Jateng meminta agar prestasi ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan agar menjadi lebih baik lagi, guna mewujudkan penerimaan dengan prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) serta clear and clean.

“Pakta integritas merupakan bentuk kesanggupan untuk patuh terhadap ketentuan yang berlaku, juga sebagai komitmen kita dalam mencegah dan memberantas korupsi, kolusi dan nepotisme,”terangnya

Pakta Integritas, lanjut mantan Kapolrestabes Semarang yang membubarkan acara HTI di Grasia, diharapkan dapat menumbuhkan keterbukaan dan kejujuran, serta memperlancar tugas yang berkualitas, efektif dan akuntabel, termasuk untuk mewujudkan pribadi yang bertanggung jawab dan bermartabat dalam pelaksanaan seleksi SIP T.A. 2021,

Untuk itu Kapolda Jateng memerintahkan kepada seluruh panitia seleksi agar :

a. melaksanakan standar bersih, objektif, transparan, akuntabel dan kualitas baik;
b. zero KKN, broker, pungli, rekayasa dan konspirasi;
c. mempedomani ketentuan yang berlaku dalam rekruitmen anggota Polri sesuai mekanisme;
d. tindak tegas jika terhadap para pelanggar dalam pelaksanaan SIP ini;
e. melibatkan secara aktif pengawas internal maupun eksternal dalam pengawasan dan pengendalian proses rekruitmen.

“Mari kita laksanakan proses penerimaan calon SIP TA. 2021 ini dengan sebaik-baiknya, sejujur-jujurnya dan seadil-adilnya, jaga netralitas dan integritas,” ujarnya.

“Sehingga benar-benar akan didapatkan sdm terbaik, karena ditangan merekalah masa depan polri akan ditentukan,”sambungnya.

Kegiatan selanjutnya pada Rabu (27/1/2021) yaitu Verifikasi Administrasi peserta SIP Polda Jateng T.A. 2021 yang akan terbagi dalam 4 (empat) gelombang untuk menghindari penumpukan peserta.

Kegiatan tersebut berlangsung aman, tertib dan terkendali dengan tetap menjalankan Protokol Kesehatan Cegah Covid-19. (arie/arh)